• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Pustaka

Resensi Novel Tere Liye: Kisah Petualangan Ali, Raib dan Seli Menemukan SagaraS

Resensi Novel Tere Liye: Kisah Petualangan Ali, Raib dan Seli Menemukan SagaraS
Novel SagaraS by Tere Liye (Sumber: Lazada)
Novel SagaraS by Tere Liye (Sumber: Lazada)

NU Online Jombang,

Penggemar Bumi series karangan Tere Liye tentu sudah tidak sabar segera melengkapi series dengan terbitan terbaru ini. SagaraS hadir menjadi pelengkap 13 seri menakjubkan.

 

Novel SagaraS diterbitkan oleh penerbit Sabakgrip, dengan 384 halaman. Novel ini rilis secara bersamaan dengan Bibi Gill, yakni 21 Februari 2022.

 

Pada buku ke-12 lalu, menceritakan mengenai perjalanan Bibi Gill. Mulai dari kisah kelamnya hingga kepribadian aslinya. Giliran di novel SagaraS buku ke-13, menceritakan latar belakang Ali.

 

Serupa dengan karya Tere Liye yang sebelumnya, tulisan demi tulisan yang digoreskan mampu mengaduk emosi pembaca.

 

Dengan berpusat di dunia Ali, ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Siapakah Ali? Darimanakah asal Ali? Bagaimana Ali bisa berpijak di bumi? Bagaimana Ali tiba-tiba berubah menjadi beruang raksasa? Buku ini mengupas tuntas pertanyaan-pertanyaan itu. Menjawab detailnya hingga dapat memuaskan dahaga pembaca.

 

Memiliki cover biru yang menyegarkan, novel ini menyuguhkan banyak kisah sedih memilukan. Salah satunya ketika fakta diungkap, ayah Ali meninggal dunia.

 

Namun, novel dengan kisah sedih yang mengharu biru ini masih menggambarkan persahabatan antara Ali, Raib dan Seli yang menguat dan kokoh dalam setiap pertarungan.

 

Diceritakan 3 sekawan, Ali, Seli, Raib bersama Master B berpetualang hidup-mati ke klan SagaraS untuk mencari jawaban. 

 

Mereka mengarungi lautan dan akhirnya menemukan di mana letak klan SagaraS berada. Ditambah kekuatan 3 sekawan yang semakin memukau dalam pertarungan dengan Ksatria SagaraS. Formula yang berbeda dari seri sebelumnya adalah 3 sekawan dan master B ini bertarung sendiri-sendiri tidak keroyokan seperti petualangan di klan lainnya.

 

Hingga pada ronde pertarungan dengan Ksatria SagaraS yang kelima, banyak kejutan, plot twist, dan jawaban tentang orang tua Ali lengkap sudah. Meski tak menampik kisah sedih yang dihadirkan, novel ini tetap seru dan penuh humor. Dalam novel ini juga digambarkan betapa geniusnya Ali.

 

Tere Liye berhasil menguatkan bahwa cerita fiksi ini bukanlah sihir, tetapi ada penjelasan ilmiahnya. Sehingga pembaca belajar beberapa ilmu pengetahuan juga tidak hanya hiburan semata.

 

Identitas Buku

Judul Buku: SagaraS 

Penerbit: PT. Sabak Grip Nusantara

Jumlah halaman: 384 hlm; 20 cm

Terbit: 21 Februari 2022

ISBN: 978-623-97262-5-6

Genre: Novel Remaja

Oleh : Ma'murotul A (Siswa MAN 3 Jombang, Kelas XI MIPA 4)


Pustaka Terbaru