• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Pustaka

Harta Karun yang Tersembunyi dan Kasus Rumit yang Akhirnya Terungkap

Harta Karun yang Tersembunyi dan Kasus Rumit yang Akhirnya Terungkap
Cover novel Sherlock Holmes Misteri Tanda Empat. (Foto: Istimewa)
Cover novel Sherlock Holmes Misteri Tanda Empat. (Foto: Istimewa)

Buku ini mengisahkan tentang petualangan seorang detektif bernama Sherlock Holmes bersama asisten setianya yaitu Dr Watson yang sedang memecahkan kasus rumit. Di sini kita dibawa menuju petualangannya dari sudut pandang Dr Watson yang seorang dokter nan cerdik.


Holmes sempat menyuntikkan kokain ke dalam tubuhnya. Tentu sebagai teman dan dokter yang baik Watson khawatir terhadap dirinya karena kokaina terlalu berlebihan. Hal ini dilakukan Holmes karena informasi sebuah kasus yang dianggap rumit oleh orang-orang di sekelilingnya belum juga diterima. Namun kekhawatiran Watson tidak berlangsung lama, seorang wanita yang bernama Mary Morstan mendatangi Holmes dengan kasus rumitnya.


Mary Morstan bercerita bahwa dirinya telah mengalami kejadian yang aneh dan rumit. Ia pergi menuju tempat yang dijanjikan ayahnya, namun setelah sampai di lokasi tersebut ayahnya menghilang tidak ada kabar. Empat tahun lalu, terdapat iklan yang meminta alamatnya. Tak selang begitu lama ia mendapat paket yang berisi mutiara yang indah, hal itu terus berlanjut setiap tahun di tanggal yang sama.


Di hari yang sama di saat ia menemui Sherlock Holmes ia mendapat surat yang menyuruhnya untuk pergi ke Teater Lyceum. Dia diizinkan untuk membawa dua teman untuk mendampinginya. Akhirnya di hari itu juga Holmes dan Watson pergi mendampingi Morstan pergi ke tempat itu dan mereka dibawa ke sebuah rumah yang dihuni oleh Thaddeus Sholto seorang yang selalu gugup dan penakut.


Thaddeus Sholto menceritakan bahwa ayahnya dan ayah Morstan menemukan harta karun yang jumlahnya sangat banyak. Mereka terlibat dalam pertengkaran karena pembagian jumlah harta karun tersebut dan mengakibatkan ayah Morstan mati karena serangan jantung.


Kemudian ayah Sholto menyembunyikan harta karun tersebut namun ia meninggal sebelum harta karun itu diberitahukan. Di malam hari ia meninggal, kamarnya diobrak-abrik oleh seseorang dan meninggalkan robekan kertas yang bertulis ’tanda empat’. 


Karena merasa bersalah kepada Morstan, ia pun mengirimi sebagian kecil harta tersebut yang berupa mutiara tempo lalu. Sampai akhirnya saudaranya yang bernama Bartholomew menemukan harta karun yang selama ini mereka cari. Dari sebab itulah Sholto mengundang Morstan untuk mengambil haknya kembali.


Namun, setelah mereka sampai di rumah Bartholomew, mereka menemukan Bartholomew telah meninggal dalam keadaan yang sangat aneh. Setelah itu seorang inspektur bernama Athelney Jones menjadikan Thaddeus sebagai tersangka dari kematian saudaranya ini tanpa bukti yang jelas.


Berkat kecerdasan Holmes dan bantuan rekan kerjanya yakni Watson, ia dapat mengungkap siapa pembunuh Bartholomew sebenarnya. Holmes berhasil melacak keberadaan sang pembunuh dengan bantuan Toby sang anjing tua milik seorang yang bernama Sherman. Berkat petualangan panjang Jonathan Small, Holmes dan teman-temannya dapat mengungkap misteri di balik 'tanda empat’ dan harta karun Agra.


Identitas Buku

Judul : Sherlock Holmes Misteri Tanda Empat
Penulis : Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit : Laksana
Tahun Terbit : 2021
Tebal buku : 200 Halaman
Harga Buku : Rp60.000
ISBN : 978-623-327-209-4


Presensi: Muhammad Fa-iz Amrulloh, Siswa Kelas X MIPA 1 MAN 3 Jombang 


Pustaka Terbaru