• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Nasional

MUKTAMAR KE-34 NU

Ucapkan Selamat kepada Gus Yahya, Kiai Said: Semoga NU Lebih Baik

Ucapkan Selamat kepada Gus Yahya, Kiai Said: Semoga NU Lebih Baik
Momen Gus Yahya cium tangan Kiai Said. (Foto: Dok panitia)
Momen Gus Yahya cium tangan Kiai Said. (Foto: Dok panitia)

Bandarlampung, NU Online Jombang 
KH Said Aqil Siroj menyampaikan selamat atas terpilihnya KH Yahya Cholil Staquf sebagai ketua umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Kiai Said mendoakan agar Gus Yahya dapat memimpin NU lebih baik.


"Kepada sahabat saya yang terhormat Gus Yahya Staquf saya ucapkan alfimabruk, semoga Allah memberikan kekuatan lahir batin dan memimpin PBNU lebih baik lagi," ujarnya, Jumat (24/12/2021) setelah selesai penetapan Gus Yahya sebagai Ketum PBNU.


Ia menjelaskan, Gus Yahya merupakan cicit dari guru ayahnya. Dia mengaku bersyukur dan bergembira atas keberhasilan Gus Yahya memenangkan pemilihan ketua umum.


"Ayah saya belajar ngaji alfiyah di Rembang bimbingan Kiai Cholil Harun. Buyutnya Gus Yahya. Saya bersyukur, kalaupun katanya agak panas, ternyata selesai dengan damai nyaman dan ketawa. Kita lupakan kemarin. Kita gandeng tangan membesarkan NU," jelasnya. 


Dalam kesempatan itu Kiai Said mengatakan walaupun tak jadi pengurus, ia akan tetap akan mendakwahkan Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) an-Nahdliyah, menyebarkan Islam washatiyah, menyampaikan pesan moderasi dan toleransi.


"Saya Terima kasih pada panitia, dan semua pihak berkontribusi. Muktamar berakhir baik dan terpilih Gus Yahya. Pilihan muktamirin yang tak salah dan tepat," imbuhnya. 


Sebagaimana diwartakan media ini sebelumnya, KH Yahya Cholil Staquf resmi terpilih sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama untuk periode 2021-2026.
Keputusan itu dihasilkan dalam agenda Rapat Pleno V Muktamar NU yang memiliki agenda pemilihan ketum PBNU digelar di Lampung pada Jumat (24/12) pagi.


Ketua Komite Pengarah (SC) Muktamar ke-34 NU Muhammad Nuh menyatakan berdasarkan pemilihan ketum, KH Yahya memperoleh suara sebanyak 337. Sementara calon ketua umum lainnya yakni KH Said Aqil Siraj dipilih 210 pemilik suara, sementara kertas suara tak sah ada 1.


"Kepada Gus Yahya, selamat. Mudah-mudahan di tangan beliau masa depan NU itu, ayo sama-sama gandeng tangan, agar NU lebih baik lagi," ujar Nuh usai proses penghitungan suara pemilihan Ketum PBNU.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Nasional Terbaru