• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Nasional

HARI SANTRI 2023

Ini Filosofi Logo Hari Santri 2023

Ini Filosofi Logo Hari Santri 2023
Logo Hari Santri 2023. (Foto: Kemenag RI)
Logo Hari Santri 2023. (Foto: Kemenag RI)

NU Online Jombang,

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) meluncurkan logo Hari Santri 2023 di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kemenag RI, Jakarta pada Jumat (6/10/2023). 

 

Di dalam logo itu, terdapat unsur bendera merah putih dan api yang berkobar. Ini menandakan rasa cinta tanah air, adalah semangat yang berkobar dalam dada setiap santri. "Hubbul Wathon Minal Iman" adalah kobaran api yang menyala. 

 

Di dalam gambar merah putih dan api yang berkobar itu dibalut dengan unsur teknologi digital. Artinya, tantangan hari ini yang harus dijawab oleh santri adalah kemajuan teknologi digital. Santri hari ini harus mengembangkan pengetahuannya untuk mengikuti informasi teknologi digital.

 

Di dalam logo itu juga terdapat unsur Pilar Kebangsaan Indonesia yang disimbolkan dengan 4 warna. Artinya Indonesia dibangun di atas 4 Pilar Kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

 

Lingkaran kecil di tengah melambangkan santri menjaga negeri. Santri senantiasa menjaga 4 Pilar Kebangsaan, inilah komitmen dan jiwa nasionalisme yang dimiliki oleh para Santri.

 

Logo itu juga terdapat simbolisasi Huruf "Nun". Yang artinya, santri senantiasa menjaga 4 Pilar Kebangsaan, inilah komitmen dan jiwa nasionalisme yang dimiliki oleh para Santri.

 

Yang terakhir, nama tema dibalut dengan Goresan Tinta Emas. Jenis font seperti goresan tinta emas pada tahun ini, menyimbolkan bahwa santri adalah generasi penerus bangsa yang akan menggoreskan kejayaan Indonesia dengan tinta emas. Jihad intelektual demi kejayaan negeri.


Editor:

Nasional Terbaru