• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Ziarah Sekaligus Silaturahim Pangdam V Brawijaya ke Pesantren Tebuireng

Ziarah Sekaligus Silaturahim Pangdam V Brawijaya ke Pesantren Tebuireng
foto : Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Nurchahyanto saat berziarah di makam KH Hasyim Asyari, makam KH Wahid Hasyim, makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan makam KH Salahudin Wahid atau Gus Solah (Foto: NU Online/Karimatul Maslahah)
foto : Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Nurchahyanto saat berziarah di makam KH Hasyim Asyari, makam KH Wahid Hasyim, makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan makam KH Salahudin Wahid atau Gus Solah (Foto: NU Online/Karimatul Maslahah)

NU Online Jombang,

Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Nurchahyanto mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Senin (21/3/2022). Tak hanya untuk silaturahim, sebagai pejabat baru di Kodam V Brawijaya ia juga berziarah ke makam muassis Nahdlatul Ulama (NU) di Tebuireng.

 

Pangdam dan rombongan tiba di Pesantren Tebuireng sekitar pukul 08.50 WIB.


Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Nurchahyanto mengatakan, silaturahim yang dilakukan ke Pesantren Tebuireng, Jombang ini tak lepas dari dirinya yang merupakan pejabat baru di Kodam V Brawijaya.

 

“Saya sebagai pejabat baru di Kodam, memperkenalkan diri. Yang kedua, ingin membangun silaturahim. Walaupun sebetulnya silaturrahim sudah berjalan cukup lama, kami ingin melanjutkan saja. Dan alhamdulillah kami diterima dengan sangat-sangat baik, dan bisa bertemu dengan seluruh staf di Pondok Pesantren Tebuireng ini,” jelasnya.

 

Pangdam menjelaskan, dalam kunjungannya ke Ponpes Tebuireng ini, ada agenda penting lainnya yakni, berziarah ke makam KH Hasyim Asyari, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Solahudin Wahid (Gus Solah) dan makam anggota keluarga Pesantren Tebuireng lainnya.

 

Menurutnya, sosok KH Hasyim Asy'ari merupakan seorang tokoh agama yang sangat luar biasa yang telah memberikan teladan yang baik khususnya kepada umat muslim Indonesia.

 

“Keteladanan yang bisa diambil dari beliau sangat banyak, salah satunya terkait ukhuwah yang sangat luar biasa, kemudian toleransi tidak kalah penting,” jelasnya.

 

Kedatangan Pangdam disambut langsung Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Pangdam dan Gus Kikin kemudian melakukan ramah tamah dan pertemuan di Ndalem Kasepuhan Ponpes Tebuireng.

 

Gus Kikin mengatakan, kunjungan Pangdam ini merupakan sesuatu yang sangat baik, karena Pesantren Tebuireng selalu bersemangat untuk membangun ukhuwah.

 

“Persatuan itu penting bagi kami yang sebagai masyarakat Civil Society. Itulah yang menjadikan suatu kekuatan. Jadi tidak mudah untuk dipecah-pecah,” kata Gus Kikin.

 

Ia menambahkan, Pangdam adalah bagian dari komponen TNI yang ingin membangun ukhuwah dengan masyarakat. Sehingga terjadi hubungan yang lebih akrab. 

 

"Jika hubungan ini terus terjalin baik, persatuan ini akan menjadi kekuatan bangsa," ujar Gus Kikin.

 

Usai beramah tamah dengan Pengasuh Pesantren Tebuireng, Pangdam V Brawijaya kemudian melakukan ziarah ke makam Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari, makam mantan Menteri Agama, KH Wahid Hasyim, makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, serta makam KH Salahudin Wahid atau Gus Solah di Kompleks makam keluarga Pesantren Tebuireng, Jombang.

 

Sejumlah Pejabat Jombang tampak ikut mendampingi kunjungan Pangdam ini. Di antaranya seperti, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0814 Jombang, Letkol Inf Muhammad Hanafi, Dansatradar 222 Ploso, Jombang, Letkol Lek Yudi Amrizal, Kapolres Jombang, AKBP Muh Nurhidayat, serta pejabat dari Pengadilan Negeri (PN) Jombang.


Daerah Terbaru