• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Jumat, 27 Mei 2022

Daerah

Ridwan Kamil Kunjungi 2 Pesantren Besar di Jombang dan Ziarah Makam Muassis NU

Ridwan Kamil Kunjungi 2 Pesantren Besar di Jombang dan Ziarah Makam Muassis NU
Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat saat melakukan silaturahim di pondok pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas Jombang (Foto: NU Online/Ali Purnomo)
Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat saat melakukan silaturahim di pondok pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas Jombang (Foto: NU Online/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Dalam Kunjungannya ke Jawa timur, Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil menyempatkan diri untuk melakukan ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang. Baginya, menyambung tali sejarah itu penting, karena ia juga merasa menjadi bagian dari NU.

 

Menurut pria yang kerap disapa Kang Emil ini, melakukan ziarah ke makam pendiri NU adalah salah satu upaya untuk tidak melupakan sejarah. Ia sadar dan mengetahui bahwa sejarah NU bermula di Jombang.

 

"Kunjungan saya adalah untuk perjanjian kerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Timur terkait UMKM dan perdagangan. Namun, tentu saya juga ingin melakukan ziarah ke makam pendiri NU. Disini adalah sejarah asal usul NU. Menyambung tali sejarah itu penting. Jangan sekali-kali melupakan sejarah," jelasnya.

 

Kang Emil yang pernah menjadi bagian dari pesantren NU di Jawa Barat juga mengatakan bahwa dahulu kakeknya merupakan panglima Hisbullah pada zamannya.

 

Kedatangan Kang Emil disambut Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz sekitar pukul 14.00 wib, Jumat (21/01/2022).

 

Usai ramah tamah, Kang Emil melakukan ziarah ke makam Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah dan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Kompleks Makam Pondok Pesantren Tebuireng. Di makam tiga tokoh bangsa itu, Ridwan Kamil memanjatkan doa dan tabur bunga.

 

Selain melakukan kunjungan silahturahim dengan Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng, Kang Emil juga melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang sebelum akhirnya juga melakukan ziarah ke makan Pahlawan Nasional, KH Abdul Wahab Chasbullah.

 

Kang Emil tiba di Tambakberas sekitar pukul 16.00 wib.

 

KH M Hasib Wahab Chasbullah, ketua majelis pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang mengatakan, setelah dari pondok pesantren Tambakberas, rombongan Kang Emil akan menuju makam Sunan Ampel Surabaya untuk berziarah.

 

"Rombongan Gubernur Ridwal kamil setelah dari sini (Tambakberas.Red) akan menuju ke makam Sunan Ampel Surabaya" ujar pria yang akrab disapa Gus Hasib ini.

 

Kontributor : Ali Purnomo

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru