• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Tahap Pertama, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp145 Juta untuk Palestina

Tahap Pertama, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp145 Juta untuk Palestina
Penyerahan bantuan kemanusiaan Palestina oleh NU Care-LAZISNU PCNU Jombang. (Foto: Nine Adien Maulana)
Penyerahan bantuan kemanusiaan Palestina oleh NU Care-LAZISNU PCNU Jombang. (Foto: Nine Adien Maulana)

NU Online Jombang,

NU Care-Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PCNU Jombang secara resmi telah mengirimkan donasi kemanusiaan tahap 1 sebesar Rp145.062.600,00 kepada NU Care-LAZISNU PWNU Jawa Timur pada Rabu (22/11/2023).

 

Dana yang terkumpul dalam donasi kemanusiaan ini ditujukan dalam rangka solidaritas kepada warga Palestina yang terdampak serangan Israel. 

 

Ketua NU Care-LAZISNU PCNU Jombang, Nine Adien Maulana menjelaskan, adapun cara yang dilakukan untuk menggalang dana untuk donasi kemanusiaan ini didapat dari tiga cara.

 

"Pertama, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang menyebarkan informasi galang dana melalui media sosial. Harapannya, masyarakat umum dari kalangan manapun dapat turut andil membantu warga Gaza," jelasnya pada NU Online Jombang, Kamis (23/11/2023). 

 

Kedua, lanjut Nine, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang secara resmi mengimbau kepada jejaring NU Care-LAZISNU yang ada di setiap kecamatan untuk berdonasi. 

 

"Yang ketiga, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang bersinergi dengan lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif PCNU Jombang untuk berdonasi melalui lembaga masing-masing," katanya. 

 

Nine menerangkan, nantinya dana yang telah terkumpul dari NU Care-LAZISNU PCNU Jombang diserahkan ke NU Care-LAZISNU PWNU Jawa Timur di Kantor PWNU Jawa Timur, Surabaya untuk diserahkan kepada NU Care-LAZISNU PBNU.

 

Lebih lanjut, menurut Nine, ketika bicara tentang Palestina, tidak semata-mata tentang isu keagamaan saja. Melainkan ini adalah isu kemanusiaan. Terkait dengan upaya genosida Israel ke Gaza, pihaknya mengecam penuh tindakan tersebut. 

 

"Perang harus segera dihentikan karena mengancam kemanusiaan dan bertentangan dengan konstitusi di Indonesia dan HAM PBB," ungkapnya. 

 

Harapannya, dengan adanya kegiatan donasi ini, Nine melalui lembaganya ingin memfasilitasi masyarakat untuk bersama-sama peduli kepada warga Gaza yang sedang terjajah. Pihaknya sangat mendukung kemerdekaan Palestina.

 

"Kemudian sebagai pengurus, momentum ini adalah momentum untuk konsolidasi antara jejaring NU Care-LAZISNU PCNU Jombang dengan jejaring-jejaring di bawahnya," pungkasnya.

 

Sebagai informasi, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang juga tetap membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berdonasi melalui transfer ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7019992211 atas nama NU Care-LAZISNU PCNU Jombang. Donasi terbuka ini rencananya akan tetap dilakukan mengikuti perkembangan situasi di Gaza. 


Daerah Terbaru