Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Fiqih Opini Keislaman Khutbah Mitra

UPZIS MWCNU Plandaan Bahu Membahu Bantu Warga Terdampak Puting Beliung

UPZIS MWCNU Plandaan Bahu Membahu Bantu Warga Terdampak Puting Beliung
UPZIS MWCNU Plandaan Bahu Membahu Bantu Warga Terdampak Puting Beliung. (Foto: Istimewa)
UPZIS MWCNU Plandaan Bahu Membahu Bantu Warga Terdampak Puting Beliung. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Curah hujan tinggi yang disertai dengan angin puting beliung melanda kawasan permukiman di Dusun Puri A, Desa Puri Semanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang pada Kamis (25/11/2021) pukul 16.00 WIB. Akibatnya, terdapat 35 rumah dan 1 musholla mengalami kerusakan. 


Atas peristiwa itu, Unit Pengelola Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Plandaan membuka donasi untuk masyarakat terdampak.


"Donasi itu dibuka sejak hari Jumat-Ahad (26-28/11/2021)," jelas Penanggung Jawab Open Donasi, Choleq Mustofa kepada NU Online Jombang, Sabtu (27/11/2021).


Dari hasil donasi itu sudah terkumpul uang sebanyak Rp7.000.000 dengan rincian Rp2.000.000 dari UPZISNU Plandaan dan Rp5.000.000  dari Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul (LAZISNU). 


Choleq Mustofa menyampaikan, UPZIS MWCNU Plandaan akan memberikan hasil donasi itu kepada pengurus UPZISNU di kawasan terdampak, untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat sekitar. Ini dilakukan agar penyaluran donasinya lebih tepat sasaran. 


"Sepakat dengan pemerintah desa untuk dibagi rata saja ke masyarakat yang terdampak. Pendistribusian diberikan per orang sebesar Rp200.000," katanya.


Ia menambahkan, pihaknya akan berkolaborasi dengan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak.


"Ini masih koordinasi dengan pemerintah desa terkait perbaikan," pungkasnya.


Kontributor: Siti Ratna Sari
Editor: Ahmad 

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi