• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Siswa-siswi MTs Bahrul Ulum Tambakberas makin Berprestasi

Siswa-siswi MTs Bahrul Ulum Tambakberas makin Berprestasi
Siswa dan MTs Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menerima hadiah dari panitia Liga Sains Integratif Bahrul Ulum 2023 dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Jombang, Ahad (12/3/2023) di MAN 3 Jombang. (Foto: Dok MTs Bahrul Ulum)
Siswa dan MTs Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menerima hadiah dari panitia Liga Sains Integratif Bahrul Ulum 2023 dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Jombang, Ahad (12/3/2023) di MAN 3 Jombang. (Foto: Dok MTs Bahrul Ulum)

NU Online Jombang,
Peserta didik Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum (MTs BU) Tambakberas Jombang berhasil menyabet tiga juara sekaligus dalam Liga Sains Integratif Bahrul Ulum 2023 dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Jombang.


Kegiatan yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang ini digelar oleh Ikatan Alumni MAN Tambakberas (Ikamantab) bekerja sama dengan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang. 


Adapun peserta didik MTs Bahrul Ulum yang memperoleh juga adalah Suci Setia Ningsih, peraih juara 2 dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Integratif, Ummu Latifah meraih juara harapan 2 dalam bidang Matematika Integratif, dan M Satria Wicaksono, juara 3 dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Integratif.


Atas capaian ini, Kepala MTs Bahrul Ulum, H AR Jauharuddin Alfatich mengaku bersyukur dan mengapresiasi terhadap semua peserta didik yang berhasil meraih prestasi dalam ajang tersebut. Ia juga berterima ksih kepada guru pendamping yang mengawal siswa-siswi dengan telaten dan sabar dari awal hingga meraih juara.


"Kami percaya bahwa setiap anak didik, apa pun latar belakangnya, dapat berprestasi dengan baik apabila mendapat bimbingan yang tepat. Maka kami tak henti-hentinya selalu memotivasi semua murid untuk percaya terhadap kemampuan yang dimilikinya. Mengikuti lomba dan kompetisi semacam Liga Sains ini adalah salah satu cara bagi kami untuk memupuk rasa percaya diri anak didik sehingga mampu menggali potensi yang dimiliki dengan maksimal," katanya, Ahad (12/3/2023).


Sebelumnya, MTs Bahrul Ulum Tambakberas memang telah melakukan pembinaan secara intensif kepada siswa dan siswi yang hendak mengikuti ajang tersebut. Dukungan jajaran pimpinan madrasah, pembina, dan support peserta didik yang lain makin menambah spirit mereka yang akan berlaga.


"Alhamdulillah, atmosfer kehidupan madrasah yang sangat positif dan sarat nuansa kekeluargaan selama ini makin memaksimalkan pertumbuhan peserta didik, baik secara kognitif maupun psikologis. Kedekatan murid dengan guru di madrasah layaknya kedekatan anak terhadap orang tuanya, hal ini cukup penting dan sangat mendasar sekali dalam memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal," imbuhnya.


Pria yang kerap dengan sapaan Gus Rudin ini melanjutkan, bahwa peran serta segenap civitas madrasah didukung doa para pengasuh Pesantren Bahrul Ulum menjadi pelengkap dalam mengukir prestasi ini. Motivasi yang diberikan guru terhadap peserta didik juga menjadi kunci utama dalam menjaga semangat peserta didik untuk terus mengasah kemampuan mereka dalam bidang akademik.


"Sinergitas guru dan wali murid sangatlah penting dalam proses pembelajaran dan mengasah bakat serta kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Sehingga mereka menjadi insan yang cukup kompetitif dan sanggup bersaing di luar," tambahnya. 


Sementara itu secara terpisah, Guru Pembimbing, Eca Ocvafebrina Elanda menyampaikan apresiasinya atas pencapaian peserta didik yang mengikuti Liga Sains Integratif Bahrul Ulum 2023 itu.


"Selamat kepada para peserta didik yang tak lelah berjuang dan bersabar dalam mengikuti bimbingan para guru. Semoga prestasi kita akan dapat terus dipertahankan dan makin meningkat di masa mendatang," katanya. 


Suci Setia Ningsih, salah satu peserta didik peraih juara 2 di ajang Liga Sains Integratif Bahrul Ulum 2023 itu menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan dan bimbingan kepada guru-guru sehingga bisa membuahkan hasil yang maksimal.


"Alhamdulillah, saya bersyukur dapat meraih juara dalam Liga Sains Integratif ini, hal ini membuat saya makin semangat dan siap untuk mengikuti kompetisi lainnya. Saya kagum dengan kesabaran guru-guru di sini, semoga saya semakin istikamah dalam belajar dan meraih prestasi lagi untuk membuat bangga guru-guru dan keluarga besar MTs Bahrul Ulum Tambakberas," tandasnya.


Daerah Terbaru