• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Ngalap Berkah, MTs Bahrul Ulum Rutinkan Baca Rotib Syaikhona Muhammad Kholil

Ngalap Berkah, MTs Bahrul Ulum Rutinkan Baca Rotib Syaikhona Muhammad Kholil
Foto siswa MTs Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang (Foto: NU Online Jombang/Muhammad Choirurrojikin)
Foto siswa MTs Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang (Foto: NU Online Jombang/Muhammad Choirurrojikin)

NU Online Jombang, 
Dewan guru dan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum (MTs BU) Tambakberas, Kabupaten Jombang mengamalkan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil Bin Abdul Lathif setelah mendapat izin dari keluarga besar guru dari para ulama terkemuka itu. 


“Alhamdulillah madrasah kita sudah mendapatkan izin dari keluarga besar Syaikhona Muhammad Kholil untuk mengamalkan rotib beliau,” Kata Kepala Madrasah, H AR Jauharuddin Alfatih, Kamis (10/3/2022).


Gus Ruddin sapaan akrabnya menjelaskan, Rotib Syaikhona Muhammad Kholil ini merupakan rotib asli yang disusun oleh ulama asal Bangkalan, Madura itu.


Syaikhona Muhammad Kholil merupakan penentu berdirinya Nahdlatul Ulama (NU). Dalam sejarah, Syaikhona Muhammad Kholil mengamini inisiasi Mbah Wahab Chasbullah dan Mbah Hasyim serta ulama yang lain untuk mendirikan NU. Hal ini ditandai saat Syaikhona Kholil memerintah KH Hasyim As’ary (Mbah Hasyim) melalui KH As’ad Syamsul Arifin untuk segera membentuk wadah bagi para ulama di Indonesia yaitu dengan berdirinya NU.


"Kita melihat bagaimana Syaikhona Muhammad Kholil berjuang untuk umat dan kami ingin tabarrukan, ngalap berkah dengan cara bisa mengamalkan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil di madrasah kami," katanya. 


Pembacaan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil ini akan menjadikan program di MTs BU di setiap Senin, hari kelahiran Syaikhona Muhammad Kholil itu sendiri.


"Paling tidak bertepatan kelahiran Syaikhona Muhammad Kholil pada hari Senin untuk rutin mengamalkan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil ini," katanya. 


Syaikhona Muhammad Kholil sendiri lahir pada tanggal 25 Mei 1835 yang bertepatan pada hari Senin. Pembacaan Rotib Mbah Kholil di MTs BU menyelesaikan dengan hari itu semata untuk menghormati dan menambah keberkahan madrasah.


“Mudah-mudahan dengan pengamalan rotib ini menambah kecintaan kepada para muasis Nahdlatul Ulama khususnya menambah keberkahan segenap keluarga besar Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan khususnya Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum,” tandasnya.


Daerah Terbaru