Home Warta Nasional Fiqih Daerah Bahtsul Masail Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Humor Ekonomi Lainnya Buku/Resensi Video Nyantri MWC Ranting NU Pengurus

Tekad Gus Rudin Usai Dilantik sebagai Kepala MTs Bahrul Ulum

Tekad Gus Rudin Usai Dilantik sebagai Kepala MTs Bahrul Ulum
Prosesi pelantikan kepala MTs Bahrul Ulum dan MA Bahrul Ulum. (Foto: Dok Pesantren Bahrul Ulum)
Prosesi pelantikan kepala MTs Bahrul Ulum dan MA Bahrul Ulum. (Foto: Dok Pesantren Bahrul Ulum)

NU Online Jombang,
Agus AR Jauharuddin Alfatich dilantik sebagai kepala Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum (MTs BU) Tambakberas, Kabupaten Jombang di kantor Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (YPPBU), Senin (20/9/2021).

Usai dilantik, Agus AR Jauharuddin Alfatich mengatakan, jabatan kepala madrasah adalah sebuah amanah. Karenanya ia akan berupaya menjalankan sebaik mungkin, tentu bersama-sama dengan segenap pengelola madrasah yang lainnya.

"Terima kasih amanah ini, semoga semua berjalan sesuai harapan bersama," katanya kepada NU Online Jombang saat dihubungi.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ghazali Bahrul Ulum ini menyampaikan, penentuan pemilihan kepala madrasah sepenuhnya berada di pihak yayasan setelah sebelumnya beberapa nama calon kepala madrasah diinventarisasi.

Dengan beragam pertimbangan, pihak yayasan akhirnya meminta dirinya untuk memimpin madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas tersebut. 

Menurut pria yang akrab disapa Gus Rudin ini, MTs Bahrul Ulum telah meraih banyak prestasi. Ini sudah berlangsung sejak masa-masa kepemimpinan sebelumnya bersama segenap pengelola MTs Bahrul Ulum yang lain. Karena itu, sederet kebanggaan itu harus terus dikembangkan agar MTs Bahrul Ulum lebih maju.

Ketua Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Jombang ini menambahkan, tugas memimpin MTs tentu tidak mudah. Segenap tenaga pendidik perlu kerja keras. Pasalnya, jenjang MTs menjadi pintu siswa-siswi mulai bisa berkembang lantaran mulai mengenal beragam materi pengetahuan.

"Bisa kita akumulasi pada rangkaian proses pendidikan yang dijalani sejak tsanawiyah hingga aliyah berjalan dengan baik, maka tsanawiyah menyiapkan dengan baik, dan aliyah meneruskan dengan baik pula, maka alumni Pondok Pesantren Tambakberas akan menjadi insan-insan yang cukup mempunyai skill di masyarakat dan bisa menjadi pedoman masa depannya," jelasnya.

MTs Bahrul Ulum mempunyai karekteristik khusus dan unik dalam mengelola pendidikan. Pasalnya, selain memiliki kurikulum formal yang bersinergi dengan Kemenag, juga memiliki kecakapan yang menjadi ciri khas pesantren, khususnya Pesantren Tambakberas. 

Untuk diketahui, saat Gus Ruddin dilantik, dikukuhkan juga Kepala Madrasah Aliyah Bahrul Ulum (MABU) yang baru, yakni KH Abdul Lathif Malik.
 
Kontributor: M Choirurrojikin
Editor: Ahmad

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

Warta