• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Minggu, 10 Desember 2023

Daerah

Pelatihan Aquascape, Cara Dosen Unwaha Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Karang Taruna

Pelatihan Aquascape, Cara Dosen Unwaha Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Karang Taruna
Pelatihan aquascape dosen Unwaha Jombang bersama Karang Taruna Kesamben, Ahad, 3 September 2023 (Foto: Dok Unwaha)
Pelatihan aquascape dosen Unwaha Jombang bersama Karang Taruna Kesamben, Ahad, 3 September 2023 (Foto: Dok Unwaha)

NU Online Jombang, 
Karang Taruna menjadi wadah organisasi pemuda yang diharapkan dapat membantu meningkatkan pembangunan desa. Karena itu anggota dan para pengurus harus memiliki kepiawaian mengelola organisasinya, sekaligus menciptakan kemandirian melalui pemanfaatan potensi dan kreativitas yang dimilikinya. Hal yang cukup mendesak untuk dilakukan untuk mewujudkan itu adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui pengembangan kreativitas produk yang bernilai ekonomi tinggi.


Guna mendukung peran penting Karang Taruna itu, Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Universitas KH A Wahab Hasbulah (Unwaha), Kabupaten Jombang menggelar pelatihan aquascape bagi anggota Karang Taruna Kecamatan Kesamben, Jombang.


Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong pengurus Karang Taruna memperkaya inovasi baru di bidang ekonomi. Adapun tim dari Unwaha yaitu Khotim Fadhli, Mochammad Syafiuddin Shobirin, dan Wisnu Mahendri. 


Pelatihan semacam ini sebetulnya pernah dilakukan sebelumnya, yakni pada tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2023. Kemudian yang terbaru pada 3 September 2023.


Khotim Fadhli menyampaikan, spirit kegiatan ini adalah membangkitkan gairah wisausaha para generasi muda, termasuk pemuda Karang Taruna sehingga memberikan pendapatan yang pasti guna mendukung pengelolaan kegiatan organisasi. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Aquascape adalah hasil cipta karya manusia dalam mendesain dalam mengatur komposisi tanaman air, batu serta kayu, dengan cara yang estetis menarik dalam akuarium, menyerupai berkebun di bawah air.


“Aquascape memperagakan nuansa keindahan panorama dengan keragaman flora dalam air sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan akuarium biasa yang tampilannya sangat monoton," ungkap Fadhli, Kamis (7/9/2023).


Selain pengenalan bahan baku dan cara perakitan aquascape, anggota Karang Taruna Kecamatan Kesamben juga diberikan pelatihan manajemen usaha guna meningkatkan kemampuan Karang Taruna dalam mengelola keuangan, memasarkan produk, dan mengembangkan strategi bisnis.
Antusiasme Anggota Karang Taruna terlihat selama pelatihan berlangsung.


“Pelatihan ini merupakan wujud sinergi antara Unwaha dan masyarakat sebagai upaya peningkatan skill anggota karang taruna dalam menciptakan produk-produk baru yang bernilai ekonomi tinggi,“ ungkap Ketua Karang Taruna Kesamben, Irfan.


Daerah Terbaru