• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

12 Tokoh Muda Inspiratif menurut Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin, 3 Berasal dari Jombang

12 Tokoh Muda Inspiratif menurut Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin, 3 Berasal dari Jombang
3 warga Jombang yang dinobatkan Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin sebagai Tokoh Muda Inspiratif. (Foto: NU Online Jombang)
3 warga Jombang yang dinobatkan Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin sebagai Tokoh Muda Inspiratif. (Foto: NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin (FJN) memberikan apresiasi kepada 12 tokoh muda yang berasal dari Jawa Timur sebagai tokoh inspiratif Nahdliyin Jawa Timur 2022. Tiga di antaranya adalah berasal dari kabupaten Jombang. 


Ketua Panitia Pelaksana Apresiasi Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur 2022 Purnawa Kromojoyo mengatakan, apresiasi ini diberikan rutin setiap Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober sekaligus dalam rangka Hari Santri.


Purnawa, sapaannya menjelaskan, apresiasi ini diberikan kepada tokoh pemuda yang berlatar belakang Nahdliyin. Mereka dinilai bisa memberi apresiasi kepada generasi muda Jawa Timur maupun secara nasional melalui aktivitas dan karyanya.


"Penetapan 12 tokoh ini melalui proses panjang dan melalui diskusi di internal FJN. Untuk kriteria utamanya adalah berafiliasi dengan NU atau Nahdliyin dan memiliki kontribusi dalam menggerakkan dan memberdayakan pemuda di Jawa Timur," tutur jurnalis televisi itu, Jumat (28/10/2022).


Sementara itu Koordinator FJN, Muhammad Didi Rosadi menjelaskan, 12 pemuda ini bukan berarti merekalah yang hanya punya kiprah untuk para pemuda. Sebab, masih banyak pemuda di luar sana yang bergerak dengan senyap tanpa tercover media. Apalagi Jawa Timur provinsi besar dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar.


"Mereka adalah para pemuda inspiratif dan bisa menginspirasi pemuda lainnya. Latar belakangnya pun beraneka ragam mulai anggota parlemen, dai, enterpreneur, pengajar, seniman, kepala daerah hingga kepala desa," ujar pria yang akrab disapa Duday itu. 


Ia menambahkan, apresiasi ini bersifat independen, karena tidak ada komunikasi dan pemberitahuan dengan para tokoh penerima penghargaan. Ini, lanjutnya, adalah bagian support serta apresiasi kawan-kawan FJN kepada para kader-kader NU yang berprestasi.


Adapun 12 Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur 2022 sebagai berikut:

  1. H Deni Prasetya (Anggota DPRD Jatim/NasDem)
  2. Ahmad Athoillah (Anggota DPRD Jatim/Pondok Pesantren Denanyar Jombang)
  3. Sulukhil Amin (Seniman/Pengurus Ansor Jombang)
  4. Mujtahidur Ridho (Ketua GPK Jatim/Keluarga Pesantren Tambakberas, Jombang)
  5. Ika Puspitasari Sari (Walikota Mojokerto/Ketua Muslimat NU)
  6. Hj Ufiq Zuraida (Anggota DPRD Jatim/Pengurus Fatayat Gresik)
  7. Ahmad Maududi Maschan (Dai Milenial/Pesantren Luhur Al Husna)
  8. Adam Rusydi (Anggota DPRD Jatim/F-Golkar)
  9. H Ra Hasani Bin Zuber (Anggota DPR RI/Pengasuh Pesantren Nurul Cholil)
  10. Yusuf Bachtiar (Kades Tejoasri, Lamongan)
  11. Bambang Haryadi (Anggota DPR RI/F-Gerindra)
  12. Fauzi Priambodo (Ketua LPNU Jatim)


Daerah Terbaru