• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

Peduli Generasi Mendatang, Warga Ngrimbi Bergotong Royong Membangun TPQ

Peduli Generasi Mendatang, Warga Ngrimbi Bergotong Royong Membangun TPQ
Jajaran Pemdes Ngrimbi bersama pengurus TPQ Tarbiyatul Aulad usai acara pengajian umum dalam rangka pembukaan. (Foto: NUO Jombang/Istimewa)
Jajaran Pemdes Ngrimbi bersama pengurus TPQ Tarbiyatul Aulad usai acara pengajian umum dalam rangka pembukaan. (Foto: NUO Jombang/Istimewa)

NU Online Jombang,

Semakin majunya teknologi, membuat perkembangan pendidikan anak semakin maju. Hal ini berdampak bagus pada dunia pendidikan, namun juga ada dampak buruk apabila tidak ada pengawalan. Pendidikan agama untuk anak-anak juga sangat penting untuk semakin ditingkatkan agar generasi mendatang masih tetap berpegang teguh pada norma-norma agama.


Hal itulah yang dilakukan oleh warga Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur, dengan mendirikan TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran). Pendirian lembaga yang diberi nama TPQ Tarbiyatul Aulad tersebut diharapkan mampu menciptakan generasi Qurani bagi anak-anak di desa tersebut.


"Pendirian TPQ ini dilatarbelakangi oleh adanya lahan wakaf dari salah seorang warga yang diamanahkan untuk pendirian TPQ atau Madrasah Diniyyah," ungkap Zainal Arifin, Sekretaris Pembangunan TPQ Tarbiyatul Aulad. Lebih lanjut Zainal menjelaskan bahwa warga berkeinginan untuk memiliki TPQ yang berdiri sendiri sekaligus sebagai pusat pendidikan masyarakat.


TPQ yang sudah sudah dibuka pada Sabtu (6/8/2022) ini memiliki santri yang sudah terdata sekitar 30 anak. Sementara itu jumlah Ustadz/Ustadzah sebanyak 6 orang.


Pembangunan gedung TPQ Tarbiyatul Aulad ini memang belum selesai seratus persen sewaktu dilaksanakan seremonial pembukaan. "Sejak awal pembangunan pada tahun 2019, sepenuhnya dibiayai dari dana swadaya masyarakat dan bantuan para dermawan yang bersifat tidak mengikat," terang Zainal.


Menurut alumni Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang ini, masyarakat Ngrimbi sangat kompak berperan dalam pembangunan TPQ Tarbiyatul Aulad. Bantuan masyarakat bukan hanya berupa materi tapi juga tenaga maupun pemikiran.


Kepala Desa (Kades), BPD (Badan Perwakilan Desa), serta perangkat desa lainnya juga sangat mendukung adanya pendirian TPQ ini. Hal itu terbukti dengan sumbangan pemikiran dan juga kehadirannya pada acara pembukaan.


Zainal melanjutkan, tujuan TPQ Tarbiyatul Aulad adalah menyiapkan terbentuknya generasi Qurani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al-Quran sebagai sumber perilaku dan pijakan hidup. “Alhamdulillah, program ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah desa setempat,” pungkas Zainal.


Kepala Desa Ngrimbi, Samsul Hadi, melalui pesan suara juga menandaskan bahwa Pemerintah Desa Ngrimbi sangat mendukung adanya pendirian TPQ Tarbiyatul Aulad. Dia berharap TPQ ini akan menjadi tempat pendidikan Quran tingkat lanjut karena banyak TPQ lainnya di wilayah Desa Ngrimbi.


"Saya berharap agar pengurus TPQ Tarbiyatul Aulad ini untuk segera berkoordinasi dengan TPQ lainnya, untuk menselaraskan program. Karena saya berharap agar TPQ Tarbiyatul Aulad ini menjadi TPQ tingkat lanjut setelah anak-anak belajar di TPQ-TPQ lainnya," pesan Samsul.


Daerah Terbaru