• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Mengenal Program Hari Bahasa di Kelas Unggulan MAN 3 Jombang

Mengenal Program Hari Bahasa di Kelas Unggulan MAN 3 Jombang
Suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas unggulan MAN 3 Jombang. (Foto: Istimewa)
Suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas unggulan MAN 3 Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Hari Bahasa merupakan salah satu dari sekian banyak program di kelas unggulan Madrasah Aliyah Negeri (MAN 3) Kabupaten Jombang. 


Hari Bahasa diterapkan dua kali dalam seminggu, yaitu Senin dan Rabu dimulai saat siswa-siswi tiba di MAN 3 Jombang sampai waktu pulang sekolah. Para siswa-siswi diwajibkan menggunakan bahasa asing, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.


Para murid kelas unggulan juga dibina agar bisa berbahasa asing secara maksimal. Kelas 10 misalnya, terdapat program Kursus Bahasa Inggris (KBIG), dan Kursus Bahasa Arab (KBAR) untuk kelas 11.


Proses pembinaan tidak berhenti sampai di situ, karena para peserta didik juga akan dilatih untuk mempraktikkannya di lapangan melalui ujian lisan dan Praktik Ilmiah Lapangan (PIL). Pada kesempatan ini para murid akan terjun langsung ke lapangan dan mempraktikkan kecakapan mereka dalam berbahasa asing.


Hj Maslahatul Ammah, Koordinator Kelas Unggulan mengatakan bahwa berbagai pola pendidikan, baik berupa kursus maupun praktik lapangan merupakan wujud keseriusan pengelola kelas unggulan dalam mendidik siswa-siswinya agar memiliki dedikasi yang tinggi untuk mencapai masa depannya.


“Siswa-siswi MAN 3 Jombang memang harus bisa menjadi seseorang yang memiliki dedikasi," ujarnya beberapa waktu lalu.


Ia menegaskan, program Hari Bahasa adalah wadah yang sangat penting untuk para peserta didik MAN 3 Jombang dalam memudahkan mereka saat hendak melanjutkan studinya di sejumlah kampus ternama. Karena bahasa asing sudah menjadi kebutuhan.


"Di samping itu bertujuan untuk mengembangkan public speaking dengan menggunakan bahasa asing," ungkapnya.

 

Penulis: Jihan Farah, Alfiyah, Aliyah, Putri Zahwa, Silvy, A'adillah, Sabrina Izawa, Nabila


Daerah Terbaru