• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

IPNU IPPNU Jombang Berencana Kembangkan Media Center hingga Perluas Dakwah

IPNU IPPNU Jombang Berencana Kembangkan Media Center hingga Perluas Dakwah
IPNU Jombang yang mengikuti PJTD (Foto: NU Online/Ira)
IPNU Jombang yang mengikuti PJTD (Foto: NU Online/Ira)

NU Online Jombang,

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Hal ini dilakukan sebagai langkah awal membentuk tim Media Center untuk meluaskan dakwah.

 

Muhammad Rafli Rifki Reza, Ketua PC IPNU Jombang mengatakan, pihaknya ingin membentuk tim di masing-masing PAC dan PKPT yang koordinasinya dilakukan secara terpusat di cabang. 

 

"Kader-kader yang telah mengikuti PJTD ini nantinya didistribusikan pada tiap PAC dan PKPT. Sehingga, pelaksanaan syiar dakwah dapat lebih optimal karena masing-masing pos telah memiliki penguasaan bidang," jelasnya.

 

Rafli menambahkan, kegiatan PJTD juga dimaksudkan untuk melatih kader agar dapat menulis. Dengan begitu, mereka dapat menjadi jurnalis kritis dan memiliki kepekaan sosial. 

 

"Ini sebagai modal awal mereka. Khususnya kader yang memiliki minat di bidang jurnalistik. Tidak hanya soal kepenulisan tetapi juga terkait videografi, fotografi, editing dan desain grafis,” ungkapnya.

 

Menurutnya, hal penting dalam PJTD yang harus diketahui kader yaitu tentang kesadaran pentingnya keberadaan jurnalis di dalam sebuah Bangsa. 

 

"Kami juga ingin mengasah kemampuan rekan rekanita menulis untuk kepekaan sosial. Selain itu juga memberikan pengetahuan tentang cyber crime agar setiap kader dapat mengetahui hukum yang berlaku di media sosial," paparnya.

 

Setelah melakukan PJTD, kader akan mengikuti proses Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan proses magang selama 3 bulan untuk mematangkan kemampuan kader.

 

Pasca kegiatan pelatihan akan ada RTL, di mana kader akan dibina secara intensif selama 3 bulan yang dilanjutkan dengan membentuk tim media center,” ujarnya.

 

Secara umum, dengan media center, proses untuk untuk melakukan dakwah akan menjadi lebih mudah dan efektif.

 

"Medianya bisa dikelola bersama dengan konsep jamiyah. Kalau semua dikelola dengan jamiyah Insyaallah akan lebih mudah," pungkasnya.


Daerah Terbaru