• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

Gus Fiqi, Cicit Pendiri Ansor yang Menjadi Nahkoda Baru Jombang

Gus Fiqi, Cicit Pendiri Ansor yang Menjadi Nahkoda Baru Jombang
Gus Fiqi yang merupakan Cicit dari KH Abdul Wahab Chasbullah ini mendapatkan perolehan rekomendasi 9 PAC dan 136 Ranting dengan total 145 surat rekomendasi. (Foto: NU Online Jombang/Rohmadi)
Gus Fiqi yang merupakan Cicit dari KH Abdul Wahab Chasbullah ini mendapatkan perolehan rekomendasi 9 PAC dan 136 Ranting dengan total 145 surat rekomendasi. (Foto: NU Online Jombang/Rohmadi)

NU Online Jombang,

Akhirnya, Taufiqi Fakkarudin Assilahi atau Gus Fiqi terpilih menjadi Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang dalam Konferensi Cabang IX (Konfercab) dengan riang gembira di MAN 4 Denanyar, Minggu (27/11/2022). 

 

Gus Fiqi dinyatakan sah menjadi Ketua Umum PC GP Ansor Kabupaten Jombang setelah mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting sebanyak 50 persen lebih satu dari jumlah seluruh peserta Konfercab. Ini sesuai dengan hasil tata tertib persidangan pada pasal 1 Ayat 5 E. 

 

Dari jumlah 250 peserta yang terdiri dari ranting dan PAC, Gus Fiqi yang merupakan Cicit dari pendiri Ansor, KH Abdul Wahab Chasbullah ini mendapatkan perolehan rekomendasi 9 PAC dan 136 Ranting dengan total 145 surat rekomendasi. 

 

Sedangkan calon lainnya bernama H Muhammad Imdad atau yang akrab disapa Gus Imdad memperoleh 6 Rekomendari dari PAC dan 81 Rekomendasi dari Ranting dengan total keseluruhan 87 surat rekomendasi. Sementara 18 surat rekomendasi lainnya dinyatakan tidak sah karena merekomendasikan kedua calon sekaligus. 

 

Dengan perolehan tersebut, Gus Fiqi ditetapkan sah menjadi mandataris Ketua Umum PC GP Ansor Jombang masa bakti 2022-2026 secara aklamasi tanpa harus melalui pemilihan umum. 

 

"Sesuai aturan yang berlaku, bagi calon yang mendapatkan surat rekomendasi 50 persen lebih satu dari jumlah peserta maka ditetapkan sebagai Ketua Umum secara aklamasi. Maka kami menetapkan Sahabat Taufiqi Fakkarudin Assilahi atau Gus Fiqi terpilih menjadi mandataris Ketua Umum PC. GP Ansor Jombang Massa Khidmah 2022-2026," kata Harun Prasetyo Pimpinan Sidang dari Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur lalu mengetok persidangan dengan palu.

 

Berjanji Membawa Ansor Jombang Lebih Baik

Gus Fiqi dalam sambutan penyampaian visi dan misinya berjanji akan membawa Ansor Jombang jauh lebih baik lagi. Sektor perekonomian organisasi akan menjadi proyek utama dalam menahkodai Ansor Jombang ke depan. 

 

"Tak lupa, ekonomi organisasi itu juga penting. Dari Cabang, PAC, hingga Ranting harus linier dengan membentuk ekonomi yang kuat. Setiap tingkatan nanti bisa membuat satu buah bidang usaha yang bisa dikelola organisasi. Selain itu juga pengadaan atribut Ansor Banser harus tersistem satu pintu. Sehingga organisasi punya pemasukan sendiri," paparnya. 

 

Selain itu, mantan Ketua PAC GP Ansor Jombang Kota ini mengungkapkan akan terus menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah maupun stakeholder yang lain. Dan yang tidak kalah penting dalam kepengurusannya nanti, ia menganggap kualitas kader akan menjadi poin utama dalam kaderisasi GP Ansor Jombang ke depan. 

 

"Untuk kaderisasi kami akan mengedepankan kualitas bukan kuantitas kader. Sebab, percuma jika mempunyai kader banyak namun tak berkualitas. Jadi saya ingin punya kader banyak tapi yang berkualitas," pungkasnya. 

 

Kemudian, H Zulfikar Damam Ikhwanto Ketua PC GP Ansor Jombang Demisioner menyatakan sangat bersyukur. Konfercab bisa berjalan dengan riang gembira seperti yang diharapkan oleh panitia. 

 

"Alhamdulillah, acara berjalan dengan penuh hidmat dan lancar. Terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang telah menyukseskan agenda terakhir saya sebagai Ketua Cabang," terangnya. 

 

Pihaknya berharap, di bawah kepemimpinan Gus Fiqi, GP Ansor Jombang jauh lebih baik dan jauh lebih maju dari kepengurusan sebelumnya. 

 

Artinya, lanjut dia, tradisi baik yang pernah ia canangkan bisa terus dikembangkan dan kekurangan yang belum terlaksana bisa direalisasikan oleh kepengurusan selanjutnya. 

 

"Selamat atas terpilihnya Gus Fiqi. Semoga GP Ansor Jombang selalu kompak dan bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya," harap Gus Antho kepada Gus Fiqi.


Daerah Terbaru