• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Gerakan Tanam 1500 Bibit Buah, Upaya Ansor Bareng Kembangkan Potensi Pertanian

Gerakan Tanam 1500 Bibit Buah, Upaya Ansor Bareng Kembangkan Potensi Pertanian
Kegiatan gerakan menanam 1500 bibit buah oleh PAC GP Ansor Bareng Jombang pada Ahad (21/05/2023). Foto: dok PAC GP Ansor Bareng
Kegiatan gerakan menanam 1500 bibit buah oleh PAC GP Ansor Bareng Jombang pada Ahad (21/05/2023). Foto: dok PAC GP Ansor Bareng

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang menggelar gerakan menanam 1500 bibit buah. Kegiatan ini terpusat di Desa Pulosari, Bareng pada Ahad (21/05/2023). 

 

Ketua PAC GP Ansor Bareng M Muizzuddin Luthfi menjelaskan, selain dalam rangka ketahanan pangan nasional, kegiatan juga merupakan peran serta Ansor kepada masyarakat dalam upaya melestarikan pertanian di Kecamatan Bareng.

 

"Kegiatan ini diikuti serentak oleh semua ranting Ansor se-Kecamatan Bareng dan termasuk dalam program Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Jombang," katanya. 

 

Menurutnya, Bareng merupakan potensi pertanian dan perkebunan yang cukup besar untuk dikembangkan. Sehingga, PAC GP Ansor akan terus mendorong dalam mengembangkan potensi tersebut, baik secara organisasi maupun kepada masyarakat pada umumnya.

 

Untuk memanfaatkan hal itu, pihaknya lebih memilih untuk menanam bibit holtikultura. Di antaranya terdiri dari bibit durian, alpukat, kelengkeng, matoa, rambutan, nangka, dan jambu kristal.

 

"Harapan kami dengan bibit holtikultura tersebut, semua kader Ansor bisa memanfaatkan pekarangan atau kebunnya untuk menanam bibit buah," ujarnya. 

 

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bareng, Kiai Choirul Anam mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, ini adalah kegiatan yang luar biasa. 

 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain itu, kalau bibit ini sudah ditanam, mohon dikawal ranting-rantingnya agar dipastikan bibit itu bisa dirawat sampai nanti berbuah. Jangan sampai bibit ini ditanam saja tanpa ada kontrol, sehingga akan percuma," ucapnya.


Daerah Terbaru