• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 17 April 2024

Daerah

Fespanu Sukses Dihelat, Wujud Kreativitas Kader IPNU-IPPNU Candimulyo

Fespanu Sukses Dihelat, Wujud Kreativitas Kader IPNU-IPPNU Candimulyo
Suasana Fespanu IPNU-IPPNU Candi Mulyo pada Sabtu (17/2/2024). (Foto: PR IPNU-IPPNU Candi Mulyo Jombang)
Suasana Fespanu IPNU-IPPNU Candi Mulyo pada Sabtu (17/2/2024). (Foto: PR IPNU-IPPNU Candi Mulyo Jombang)

NU Online Jombang, 
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang menggelar Festival Pelajar Nahdlatul Ulama (Fespanu) tingkat umum se-Kabupaten Jombang di aula Masjid Baitussholihin, Sabtu-Ahad (17-18/2/2024).


M Fathir Akbar Saputra, Ketua IPNU Candimulyo mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengimplementasikan kreativitas kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Jombang. Selain itu, kegiatan ini diperingati dalam rangka Isra’ Mi'raj.

 

“Kompetisi ini sasaran awalnya adalah pelajar yang ikut IPNU-IPPNU, namun dikarenakan hingga H-3 waktu technical meeting (TM) peserta yang mendaftar hanya 3 grup saja, maka dari itu kami mengubah kriteria lombanya,” ungkapnya.


Pelajar yang akrab disapa Fathir ini menuturkan, kriteria lomba yang awalnya tingkat IPNU-IPPNU menjadi tingkat umum se-Kabupaten Jombang. Perubahan ini berhasil menggaet peserta lebih banyak. Pada TM, peserta sudah penuh sesuai target yang disepakati oleh panitia, yakni 20 grup bahkan lebih 1 grup sehingga totalnya 21.


“Fespanu ini adalah salah satu apresiasi buat kami karena banyak dinamika yang telah kami lalui tetapi kami bisa melaluinya dengan semangat dan pantang menyerah,” imbuhnya. 


Fathir mengatakan, kompetisi festival al-banjari jarang diadakan untuk tingkat IPNU IPPNU. Karena itu, panitia berusaha semaksimal mungkin untuk menertibkan administrasi peserta agar masing-masing grup dapat tampil dengan performa yang baik.


“Adanya kompetisi ini, panitia memiliki tujuan yakni agar kader IPNU-IPPNU memiliki kesempatan untuk menunjukkan performanya dan juga untuk ajang silaturahim dengan pimpinan-pimpinan ranting yang lain melalui kompetisi ini,” ujarnya.


Ia memastikan semua grup berasal dari kalangan muda NU dengan total personil per grup 10 orang. Sementara lagu yang dibawakan sebanyak 2 lagu bebas berbahasa Arab dan 1 jingle dengan menyebutkan kalimat festival pelajar NU PR IPNU-IPPNU Candimulyo.


“Suasana saat acara berlangsung sangat ramai dan meriah, banyak tamu-tamu dari kalangan PAC IPNU-IPPNU Jombang yang hadir untuk menyaksikan kegiatan tersebut, bahkan ada ketua PC IPNU Jombang yakni rekan M Syahrul Munir yang ikut serta dalam acara tersebut,” jelasnya.


Dengan festival ini, pihaknya mengharapkan kesenian banjari tetap terjaga dengan baik di tengah zaman yang kian maju. 


Ia bersyukur agenda berjalan dengan demikian baik meskipun banyak dilema yang  telah dilalui. "Kami tidak menyangka acara ini bisa sukses terselenggara sampai selesai, kami bangga bisa mengadakan acara ini,” pungkasnya. 


Daerah Terbaru