• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 17 April 2024

Daerah

Peringati Maulid Nabi, Remas Nurul Huda Rejoso Jombang Gelar Festival Banjari Se-Jawa Timur

Peringati Maulid Nabi, Remas Nurul Huda Rejoso Jombang Gelar Festival Banjari Se-Jawa Timur
Para Juara Festival Banjari Se-Jawa Timur Remaja Masjid Nurul Huda Rejoso, Ngumpul, Jogoroto, Jombang, Sabtu (07/10/2023). (Foto: Dok. Panitia)
Para Juara Festival Banjari Se-Jawa Timur Remaja Masjid Nurul Huda Rejoso, Ngumpul, Jogoroto, Jombang, Sabtu (07/10/2023). (Foto: Dok. Panitia)

NU Online Jombang,

Remaja Masjid (Remas) Nurul Huda Rejoso Jombang menggelar Festival Banjari tingkat umum se-Provinsi Jawa Timur di Halaman Masjid Nurul Huda, Rejoso, Ngumpul, Jogoroto Jombang pada Sabtu (07/10/2023). 

 

Ketua Remas Nurul Huda, Agus Setiawan menjelaskan, pihaknya menggelar Festival Banjari (Fesban) ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Fesban ini juga agenda tahunan yang digelar kedua kalinya. 

 

"Fesban diikuti sebanyak 36 peserta dari berbagai kota di Jawa Timur. Ada yang dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Nganjuk, Kediri dan Jombang sendiri," katanya pada NU Online Jombang, Ahad (08/10/2023).

 

Agus, sapaannya melanjutkan, para peserta diberikan beberapa aturan. Yaitu satu grup membawakan 2 lagu berbahasa Arab dan sebuah jingle dengan durasi 10 menit. Peserta Fesban juga harus beranggotakan 10 orang. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. 

 

"Untuk kriteria penilaian vokal 40 poin, nilai adab atau syair 30 poin dan nilai pukulan atau variasi 30 poin. Selain itu, 36 grup yang mengikuti Fesban ini akan memperebutkan 8 gelar juara dan memperoleh hadiah berupa trofi, sertifikat dan uang tunai," ujarnya. 

 

Hasil pun diperoleh. Juara 1 diraih oleh Santri Wako Jombang (96,75), juara 2 Muhibbun Nabi Jombang (96,75) dan juara 3 Anaman Kediri (96,5). 

 

Sementara itu harapan 1 Syauqul Musthofa Jombang (96,5), harapan 2 TPQ Al-Muhajirin Jombang (96,25) dan harapan 3 PPDU Jombang (96,25). Best Favorit diraih oleh El-Haqqoni Jombang dan Best Jingle RI Kids (Jombang).

 

"Dengan adanya Fesban ini, saya berharap untuk bisa melestarikan budaya Islami di kalangan masyarakat dan pesantren. Bisa mempersatukan teman-teman remaja di sini bersama warga agar bisa guyup rukun. Kalau rukun kan enak," pungkas Agus. 


Editor:

Daerah Terbaru