• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Sambut 1 Muharram, NU Sambongdukuh Gelar Festival Al Banjari Se-Jombang

Sambut 1 Muharram, NU Sambongdukuh Gelar Festival Al Banjari Se-Jombang
1 Muharram, NU Sambongdukuh Jombang gelar Festival Al Banjari Se Jombang dan Sekitarnya (Foto: NU Online/Achmad Subakti )
1 Muharram, NU Sambongdukuh Jombang gelar Festival Al Banjari Se Jombang dan Sekitarnya (Foto: NU Online/Achmad Subakti )

NU Online Jombang,

Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) bersama Masyarakat dan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) Desa Sambongdukuh, Kecamatan/Kabupaten Jombang menggelar Festival Al Banjari tingkat umum se-Kabupaten Jombang dan sekitarnya. 

 

Acara ini bertempat di Lapangan Desa Sambongdukuh, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Acara berlangsung pada Kamis (28/07/2022) malam. Ini digelar dalam rangka memperingati bersih desa dan menyambut Tahun Baru Hijriyah 1444 H. 

 

Ketua Pimpinan Ranting (PR) IPNU Sambongdukuh sekaligus penanggung jawab festival, Muhammad Ihsan Masrur menjelaskan, Festival Banjari kali ini diikuti sebanyak 23 peserta.

 

"Pesertanya tidak hanya dari Jombang melainkan juga dari Nganjuk, Mojokerto dan Kediri," ujarnya. 

 

Pria yang akrab disapa Ihsan ini menambahkan, peserta masing-masing grup beranggotakan maksimal 10 orang. Dengan membawakan 2 lagu berbahasa Arab dengan durasi 10 menit. Selain itu, peserta harus membawa peralatan sendiri dan wajib menyerahkan teks lagu ke panitia. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. 

 

"Untuk kriteria penilaian vokal (40 poin), nilai pukulan/variasi (30 poin) dan adab (30 poin). Dan 23 grup ini akan memperebutkan 9 gelar juara," ucapnya kepada NU Online Jombang.

 

Hasil pun diperoleh, Juara 1 diperoleh oleh Al Madinah (98,5) disusul juara 2 Anaman Kediri (97,5) dan juara 3 PePeDeU (97). Juara harapan 1 diraih oleh Al Furqon Karim (97) disusul harapan 2 Syauqul Musthofa (96,75) dan Harapan 3 Sayyidul Kaunain (96,5)

 

Selanjutnya Best Vokal diraih oleh Fadhilatul Qolbi. Best Jingle Hajar Aswad dan Best Music Rohmatul Ihsan Kids

 

"Masing-masing gelar juara mendapatkan Trophy, sertifikat dan uang pembinaan yang sudah ditentukan," tambahnya.

 

Usai acara, Ihsan berharap IPNU-IPPNU Sambongdukuh semakin maju, semakin cepat tanggap, dan mempunyai jiwa pemberani.

 

"Untuk festival ini, semoga grup Banjari dari Sambongdukuh lebih terinspirasi oleh grup banjari lain dengan adanya festival ini," tandasnya. 

 

Untuk diketahui, acara ini didukung oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Fatayat NU, NU Care-Lazisnu, Palang Merah Indonesia, Karang Taruna Sambongdukuh, Banjari Official, dan Galeri Banjari.


Daerah Terbaru