• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Almarhum Gus Muh Pengasuh Pesantren As-Sa'idiyyah 1 Tambakberas Pribadi yang Suka Menolong

Almarhum Gus Muh Pengasuh Pesantren As-Sa'idiyyah 1 Tambakberas Pribadi yang Suka Menolong
Ucapan duka terhadap Pengasuh Pesantren As-Sa'idiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas KH Muhammad Habiburrohman Nasrullah. (Foto: Istimewa)
Ucapan duka terhadap Pengasuh Pesantren As-Sa'idiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas KH Muhammad Habiburrohman Nasrullah. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, KH Wafiyul Ahdi mengenang almarhum Pengasuh Pesantren As-Sa'idiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas KH Muhammad Habiburrohman Nasrullah sebagai sosok yang ramah, gemati kepada para santri, dan suka menolong.


Pria yang kerap disapa Gus Gus Wafi ini menyampaikan, almarhum sejak masih muda juga menyukai sound system. Bahkan, kerap kali merakit sendiri.


"Punya sound system sendiri untuk dipakai sendiri yang kemudian banyak tetangganya di gang 4 yang sering pinjam sound itu untuk acara tahlilan, mantenan, atau acara lainnya," katanya dalam postingannya, Sabtu (24/9/2022).


Dari saking sukanya terhadap sound system, almarhum sudah bisa menilai mana sound system yang bagus dan pantas untuk kepentingan khalayak.


"Sering juga merekomendasikan ke saya kalau ada sound system yang bagus milik si A atau si B yang layak dipakai untuk acara-acara besar di pondok," imbuhnya.


Sampai sekarang, lanjut Gus Wafi, di depan teras rumah Gus Muh, demikian almarhum disapa, masih menumpuk box-box sound system besar.


"Juga yang unik dari beliau itu hobi brik-brik-an. Radio amatir antarwarga yang sering say hallo dengan para pemain brik lainnya melalui pemancar radio yang dipasang sendiri. Ini yang menjadikan beliau grapyak kepada siapa saja," terang Gus Wafi.


Sejak beberapa bulan terakhir, Gus Muh sering keluar masuk Rumah Sakit (RS) karena komplikasi. Gus Muh wafat pada usia 55 tahun dan menyusul ibunya serta empat kakaknya yang wafat di masa pandemi kala itu.


"Semoga kebaikan-kebaiakannya menjadi pengantar beliau khusnul khotimah untuk sowan ke hadapan Allah swt. Selamat ketemu pakde Nasrul dan para masyayih Bahrul Ulum, mas," tuturnya.


Almarhum KH Muhammad Habiburrohman Nasrullah (Gus Muh) wafat pada Jumat (23/9/2022). Almarhum punya riwayat penyakit gula (diabet). Beberapa waktu terakhir dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang.


Almarhum dimakamkan pada Sabtu (24/9) pukul 08.00 WIB di pemakaman KH Abdul Wahab Chasbullah.


Daerah Terbaru