• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Ajak Masyarakat Peduli dalam Perawatan Jenazah, PAC Fatayat Jombang Kota Gelar Pelatihan

Ajak Masyarakat Peduli dalam Perawatan Jenazah, PAC Fatayat Jombang Kota Gelar Pelatihan
Saat praktik merawat jenazah, Selasa (29/11/2023). Foto: Dok PAC Fatayat Jombang Kota
Saat praktik merawat jenazah, Selasa (29/11/2023). Foto: Dok PAC Fatayat Jombang Kota

NU Online Jombang,

Ingin masyarakat lebih peduli dalam merawat jenazah, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nadhatul Ulama(NU) Jombang Kota mengadakan pelatihan perawatan jenazah.

 

Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka Safari Pelatihan yang diadakan PAC Fatayat Jombang Kota. Kegiatan akan dilaksanakan selama 20 bulan ke depan sesuai dengan jumlah Pimpinan Ranting (PR) di Kecamatan Jombang yang berjumlah 20 Pimpinan Ranting.

 

Hj Muhimmah Falasifa, Ketua PAC Fatayat Jombang Kota mengatakan, pelatihan perawatan jenazah ini merupakan salah satu kegiatan pelatihan yang dibutuhkan masyarakat karena masih banyak ditemukan praktik-praktik merawat jenazah yang belum sesuai dengan syariat agama.

 

“Kami mengadakan kegiatan safari pelatihan ini selama 20 bulan, setiap satu  bulan untuk satu pimpinan ranting  dan bertepatan pada bulan November ini berada di Pimpinan Ranting (PR) Fatayat Sambongdukuh, Jombang,” tuturnya.

 

Perempuan yang akrab disapa Ning Iif ini mengatakan, pada dasarnya hukum merawat jenazah adalah fardhu kifayah bukan kewajiban  Mudin setempat. Karena minimnya pelatihan dan pengkaderan, mengakibatkan regenerasi atau kepedulian di masyarakat terkait perawatan jenazah menjadi kurang.

 

“Pelatihan ini diadakan supaya setelah kegiatan pelatihan perawatan jenazah ini, kepedulian masyarakat semakin tumbuh dan diharapkan ada kader-kader Fatayat yang bisa membantu tugas Bu Mudin di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

 

Ning Iif menyampaikan, pelatihan ini lebih menekankan praktik daripada peyampaian teori. Materi yang disampaikan pemateri dari LFM (Lembaga Fiqhiyah Al Muhibbin) tidak hanya fokus pada merawat jenazah, tetapi mulai materi ihtidhor atau ketika seseorang sakaratul maut hingga pasca jenazah dikuburkan yang meliputi pembagian waris, membayar tanggungan kewajiban sholat dan puasa, takziyah serta masa Iddah, juga dibahas.

 

“Alhamdulillah safari pelatihan perawatan jenazah di PR Fatayat Sambongdukuh ini berjalan lancar dan sukses, semoga kegiatan ini kedepannya semakin bermanfaat,” ungkapnya pada Kontributor NU Online Jombang, Selasa (28/11/2023).

 

Ning Iif mengharapkan, muncul masyarakat yang saling peduli untuk membantu tugas merawat jenazah. Yang seharusnya tugas ini pada hakekatnya adalah kewajiban kita bersama

 

Bertempat di TPQ Al-Fattah Sambongdukuh Jombang, Pelatihan perawatan jenazah ini diikuti oleh sekitar 50 orang lebih yang terdiri dari Kader Fatayat, Ibu-ibu Muslimat, Pak Mudin, Perwakilan Banom NU ranting Sambongdukuh dan perwakilan RT/ RW setempat.


Daerah Terbaru