• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 28 Maret 2023

Daerah

1 ABAD NU

8 Agustus, Kick Off Peringatan 1 Abad NU di Jombang, Ini Kegiatannya

8 Agustus, Kick Off Peringatan 1 Abad NU di Jombang, Ini Kegiatannya
Logo 1 Abad NU. (Foto: Istimewa)
Logo 1 Abad NU. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang yang sementara ini dikendalikan langsung Rais Syuriyah, KH Abdul Nashir Fattah telah menetapkan kick off peringatan 1 Abad NU pada 8 Agustus 2022.


Kick off peringatan 1 Abad NU itu akan diselenggarakan di Masjid Baitul Mukminin Alun-alun Jombang dengan berbagai kegiatan. Yakni, ijazah kubro, khataman kitab Shohih Bukhari, dan santunan kepada anak yatim.


Ketua Pelaksana Gerakan 1 Abad NU Jombang, Ustadz Ahmad Samsul Rijal memastikan bahwa segala kebutuhan rangkaian kegiatan tersebut telah disiapkan oleh masing-masing penanggung jawab. Bahkan hampir mendekati matang atau sempurna.


"Semua telah disiapkan, kita sudah beberapa kali menyelenggarakan rapat koordinasi untuk menyusun peta dan aneka kegiatan untuk menyambut 1 Abad NU," katanya, Senin (1/8/2022).


Untuk ijazah kubro dan khataman kitab Shohih Bukhari, kata dia, dihendel oleh koordinator jamaah khataman kitab Shohih Bukhari yang sudah dibentuk PCNU Jombang periode sebelumnya. Saat ini, lanjut Ustadz Rijal, kembali diminta rais mandataris PCNU Jombang untuk menjalankan kegiatan tersebut yang dirangkai dalam kick off peringatan 1 Abad NU. 


"Tentu dengan dikonsep yang agak berbeda dengan sebelum-sebelumnya, kali ini kita melibatkan jamaah yang lebih banyak, sekitar 200 lebih," jelasnya.


Sementara untuk santunan anak yatim, dihendel oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang yang mengamanahkan kepada Unit Pengelola Zakat Infak dan Zakat Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Jombang Kota. 


"Semua kegiatan telah terangkai dengan demikian baik, garis koordinasi dan komunikasi di antara pihak-pihak yang diberikan amanah oleh rais mandataris PCNU juga berjalan bagus," tuturnya.


Dalam kick off peringatan 1 Abad NU, panitia bekerja sama dengan takmir Masjid Baitul Mukminin dan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang, para kiai, ulama, dan warga NU di Jombang.


Ustadz Rijal berharap, dengan dimulainya kegiatan menyambut 1 Abad NU tersebut, Nahdliyin Jombang khususnya bisa berpartisipasi aktif mensyiarkan NU dengan beragam kegiatan di level masing-masing.


"Sesuai amanat rais PCNU Jombang bahwa seluruh aktivitas dalam panca gerak (lima gerakan menuju 1 Abad NU di Jombang) harus bersifat menyatukan, mengguyubrukunkan, meningkatkan kekompakan, dan selalu membangun kebaikan-kebaikan yang diteladankan para pendahulu, muassis dan penggerak NU hingga ranting-anak ranting," ucapnya.


Editor:

Daerah Terbaru