• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Pustaka

Novel Janji : 3 Santri yang Menepati Ikrar Sang Kiai

Novel Janji :  3 Santri yang Menepati Ikrar Sang Kiai
Source photos: Gramedia
Source photos: Gramedia

NU Online Jombang,

Janji adalah sesuatu yang harus ditepati. Jika tidak maka janji lumrahnya sebuah hutang yang akan terus menerus mengejar untuk ditepati. Tere Liye rupanya juga ingin mengulasnya secara misterius namun menarik melalui novelnya yang berjudul Janji.

 

Novel Janji karya Tere Liye menceritakan sosok tiga sekawan pembuat onar yang bernama Hasan, Baso dan Kahar di sebuah pesantren.

 

Kenakalan mereka sudah tidak bisa terhitung lagi, hingga pada puncaknya saat calon Presiden dan staffnya datang menemui Buya (kiai) selaku pemilik sekolah agama tersebut. Hasan, Baso dan Kahar memasukkan garam ke dalam teh calon Presiden, staff Presiden dan juga Buya.

 

Buya (kiyai) tidak menghukum Hasan, Baso dan Kahar, melainkan meminta mereka untuk mencari sosok Bahar.

 

Bahar, merupakan murid dari ayah Buya pada puluhan tahun yang lalu. Ayah Buya merupakan pendiri pesantren tersebut. Sementara Bahar merupakan sosok murid yang nakal, dia anak yatim piatu dan hidup hanya bersama neneknya, hingga membuatnya dikirim ke pesantren. 

 

Hari demi hari dilalui Bahar dengan menjahili banyak orang dan bersikap onar. Hingga pada bulan Ramadhan, Bahar membangunkan sahur di pesantren tersebut menggunakan meriam berbubuk mesiu, yang membuat sekolah terbakar dan seorang anak difabel meninggal dunia.

 

Setelah adanya kejadian itu, Bahar dikeluarkan dari sekolah. Namun, setelahnya ayah Buya menjadi sering kali bermimpi buruk akan perasaan bersalahnya kepada Bahar. Petulangan pencarian Bahar oleh 3 santri tersebut pun dimulai.

 

Novel terbitan Gramedia ini menggunakan sudut pandang orang ketiga, sehingga para pembaca dengan mudah mengimajinasikan alur cerita yang ditulis epik dan mengundang ketegangan.

 

Novel ini terbilang bertema semi religi yang sarat akan nilai-nilai agama serta pesan moral. Salah satu contohnya yang paling spesifik disebut adalah pentingnya Tauhid. Meski begitu Tere Liye tetap tidak menghilangkan jiwa kritisnya ketika ia menceritakan dunia gelap di penjara. 

 

Antara nilai religius dan kritis bisa ia hadirkan secara proporsional dan masuk akal. Sehingga pecah fokus bisa terhindari manakala kedua hal yang berbeda itu ia sajikan di dalam novel ini.

 

Identitas Buku

Judul: JANJI

 

Penulis: Tere Liye

 

Tebal: 486 Halaman

 

Tahun: 2021

 

Penerbit: Gramedia Book

 

ISBN: 9786239726201

 

Ditulis oleh : Aurelia Nur Azzahra, Siswa XI MIPA 4 Program Unggulan MAN 3 Jombang


Pustaka Terbaru