• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Mitra

Pembangunan Gedung Baru Unwaha Ditarget Rampung Maret 2022

Pembangunan Gedung Baru Unwaha Ditarget Rampung Maret 2022
Gedung baru Unwaha Jombang. (Foto: Dok Unwaha)
Gedung baru Unwaha Jombang. (Foto: Dok Unwaha)

NU Online Jombang, 
Pembangunan gedung baru Universitas KH A Wahab Hasbullah (Unwaha) Kabupaten Jombang memasuki tahap final. Gedung dengan empat lantai tersebut masih berada di kawasan kampus setempat.


Kepala Bidang Administrasi Unwaha, Abdul Wahab menyampaikan, pengerjaan gedung itu diperkirakan rampung di tahun 2022, perkiraan Maret.


"Alhamdulillah ikhtiar pembangunan gedung baru yang telah kami usahakan sejak Juni 2020 dan mulai dikerjakan oleh Kementrian PUPR di bulan Juni 2021 ini insyaallah akan selesai pada awal tahun 2022 tepatnya di bulan Maret," katanya kepada NU Online Jombang, Kamis (16/12/2021).

 

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru di Unwaha Sudah Dibuka, Intip Sederet Keunggulannya


Salah seorang dosen Unwaha itu menambahkan, Unwaha memang membutuhkan tambahan gedung yang representatif untuk mahasiswa, lantaran jumlah mahasiswa yang makin banyak setiap tahunnya.


"Yang jelas ikhtiar ini tidak lain tidak bukan adalah untuk mahasiswa Unwaha yang tiap tahunnya semakin meningkat maka perlu adanya pembangunan infrastruktur berupa unit kelas untuk menunjang perkuliahan," imbuhnya.


Pembangunan kampus dengan anggaran 25 miliar tersebut akan dimanfaatkan untuk beberapa hal. Di antaranya difungsikan untuk ruang pimpinan rektorat, dekan fakultas, laboratorium, hingga ruang kelas yang berjumlah 25. 

 

Baca juga: Perkuat Sektor Ekonomi Mikro, Unwaha Berikan Pelatihan dan Pendampingan Usaha


"Mengingat kami menargetkan 1.200 mahasiswa baru di tahun akademik 2022-2023 sehingga otomatis membutuhkan ruang kelas yang lebih banyak lagi," ungkapnya.


Awal Mula, Audiensi dengan Jokowi

Ada kiprah atau kontribusi yang sangat besar yang tak boleh dilupakan oleh segenap civitas akademika di balik terwujudnya pembangunan gedung, sampai memasuki tahap final. Abdul Wahab menegaskan, bahwa Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum, Nyai Chisbiyah Rochim yang membuka ruang komunikasi langsung dengan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo 


"Sebetulnya pembangunan ini merupakan hasil jerih payah dari usaha Nyai Chisbiyah Rochim didampingi Nyai Mahfudhoh audiensi dengan Presiden Jokowi. Beliau meminta kesediaan presiden untuk membantu pembangunan Unwaha dengan diceritakannya kondisi kampus," ujarnya. 

 

Baca juga: Tekad Bertaraf Internasional, Unwaha Siapkan Manual Mutu Berstandar ISO 9001 : 2015


Untuk itu, saat peresmian gedung nanti, dirinya berharap Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bisa langsung hadir dan meresmikannya pada Maret mendatang. 


"Kami berharap nanti setelah selesai pembangunan akan diresmikan langsung oleh presiden, mengingat ketua umum yayasan perguruan tinggi Bahrul Ulum juga sudah membicarakan hal tersebut," akunya.


Kontributor: Denmas Amirul
Editor: Ahmad 


Mitra Terbaru