• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Wujudkan Kemandirian Ekonomi, IPNU-IPPNU Mojowarno Luncurkan 'Kopas', Apa Itu?

Wujudkan Kemandirian Ekonomi, IPNU-IPPNU Mojowarno Luncurkan 'Kopas', Apa Itu?
Peluncuran Kopine Arek Lekas IPNU-IPPNU Mojowarno. (Foto: Dok IPNU-IPPNU Mojowarno)
Peluncuran Kopine Arek Lekas IPNU-IPPNU Mojowarno. (Foto: Dok IPNU-IPPNU Mojowarno)

NU Online Jombang, 
Dalam rangka membangun kemandirian organisasi, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang melalui lembaga kewirausahaan (Lekas) meluncurkan produk kopi yang diberi label 'Kopas' Kopine Arek Lekas, Jumat (31/12/2021).


Ahmad Fikri Firdaus, Direktur Lekas PAC IPNU Mojowarno menyampaikan, awal mula ide ini bisa tercipta.


"Awalnya, karena kami melihat potensi di Kecamatan Mojowarno yang muda-mudinya banyak penikmat kopi dan kemudian menjadi program kerja kami Lekas PAC IPNU IPPNU Mojowarno," terang pria yang akrab disapa Mamad itu.


Mamad mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Pimpinan Ranting (PR) untuk pemerataan kemandirian ekonomi organisasi.


"Nantinya kami tidak hanya bekerja sama dengan PR IPNU-IPPNU se-Mojowarno saja, melainkan juga akan bekerja sama dengan warung kopi (Warkop) dan angkringan," jelasnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan jenis kopi yang pihaknya gunakan. "Untuk jenis kopi kami memilih biji kopi Excelsa atau yang lebih dikenal dengan Asisa, kopi asal Wonosalam ini memiliki rasa yang khas dan unik berbeda dengan kopi lainnya. Kopi ini lebih didominasi rasa pahit namun juga memiliki asam, manis, dan sepat tanpa mengurangi rasa gurihnya," jelas pria asal Catakgayam itu.


Ia menambahkan, produk 'Kopas' dalam rangka promosi bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.


"Masih dalam rangka pengenalan produk, kami beri harga murah meriah saja dari harga asli 20 ribu rupiah menjadi 8 ribu rupiah per 100 gram," imbuhnya.


Virna Ardila, Ketua PAC IPPNU Mojowarno, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Lekas PAC IPNU-IPPNU Mojowarno.


"Capaian yang sangat bagus, kami berharap nantinya IPNU-IPPNU bisa mandiri, tidak bergantung kepada sponsor dan donatur. Kemudian adanya brand 'Kopas' ini kami harapkan mampu memberdayakan kader IPNU-IPPNU, dengan memanfaatkan gadget untuk penjualan secara online sesuai dengan grand desaign kami entrepreneurship dan Digitalisasi," harap perempuan yang akrab disapa Virna itu.


Kontributor: Annisa Rahma
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru