• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

SMKNU 01 Jogoroto Gelar Wisuda Purnasiswa, Cetak Lulusan Siap Kuliah dan Bekerja

SMKNU 01 Jogoroto Gelar Wisuda Purnasiswa, Cetak Lulusan Siap Kuliah dan Bekerja
Wisuda purna siswa SMKNU 01 Jogoroto (Foto: NU Online/Annisa)
Wisuda purna siswa SMKNU 01 Jogoroto (Foto: NU Online/Annisa)

NU Online Jombang,
Raut kegembiraan menyelimuti wajah para wisudawan wisudawati. Bertempat di halaman sekolah, sebanyak 22 siswa-siswi kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) 01 Jogoroto Kabupaten Jombang diwisuda sebagai tanda berakhirnya studi, Sabtu (4/6/2022).

 

Hadir dalam wisuda tersebut Ketua LP Ma'arif NU, pengawas, ketua Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU), guru dan orang tua/wali siswa.

 

Kepala sekolah SMKNU 01 Jogoroto, Syahrul Munir mengungkapkan, siswa-siswi SMKNU 01 Jogoroto yang baru lulus banyak yang sudah diterima untuk bekerja.

 

"Alhamdulillah mereka ada yang sudah diterima bekerja di PLN, ada yang akan magang ke Jepang, melanjutkan ke perguruan tinggi, hingga berwirausaha sendiri," ungkap pria yang akrab disapa Munir itu.

 

Munir menjelaskan, kegiatan wisuda purna siswa itu dirancang oleh siswa-siswinya sebagai bentuk kemandirian.

 

"Acara dari awal hingga akhir semua saya serahkan kepada mereka. Mulai dari dekorasi, fotografi, tampilan hingga kesiapan acara mereka semua yang handle. Karena kami ingin mereka bisa mandiri. Di kemudian hari sudah tidak kaget kalau punya acara sendiri," jelasnya.

 

Ia menuturkan, pendaftar SMKNU 01 Jogoroto hingga detik ini masih belum membanggakan.

 

"Alhamdulillah, sudah ada pendaftar sekitar 55 calon siswa baru. Kalau dibandingkan dengan yang lulus tahun ini 22 peserta didik, kita alhamdulillah sudah dipercaya 2 kali lipat. Namun, ini belum sesuai dengan keinginan kami. Karena kelas X yang akan naik kelas XI ada 96 berarti kurang separuh lagi agar bisa mengimbangi," tutur mantan Ketua PAC GP Ansor Mojowarno itu.

 

Pihaknya memberikan apresiasi kepada siswa dan orangtuanya yang datang paling awal di acara wisuda tersebut.

 

"Suatu kebanggaan bahwasanya beliau ini hadir tepat waktu, dan merupakan bukti konkret. Di rumahnya ada banner yang terpampang dari kelas X hingga lulus kelas XII. Saya ingin memberi hadiah meskipun tidak banyak agar bisa dipakai mendaftar sekolah lagi," terangnya.

 

Ia berharap, SMKNU 01 Jogoroto ke depan semakin maju, bermanfaat dan menghasilkan siswa-siswi yang siap melanjutkan ke perguruan tinggi atau siap berwirausaha.


Daerah Terbaru