• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Buka Peluang Kerja, SMKNU Jogoroto dan Pengelola Taman Jamu Karanganyar Teken MoU

Buka Peluang Kerja, SMKNU Jogoroto dan Pengelola Taman Jamu Karanganyar Teken MoU
SMKNU 01 Jogoroto MoU dengan Pengelola Jamu Tawangmangu. (Foto: Dok SMKNU Jogoroto)
SMKNU 01 Jogoroto MoU dengan Pengelola Jamu Tawangmangu. (Foto: Dok SMKNU Jogoroto)

NU Online Jombang,
Guna menambah wawasan dan peluang kerja, 37 siswa-siswi kelas XI, 16 guru pendamping dan 1 pengawas pembina Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) 01 Jogoroto, Kabupaten Jombang melakukan kunjungan industri dan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pengelola Taman Jamu Scientific Jejamon di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa-Rabu (22-23/3/2022).


"Dengan melakukan MoU ini target kami, yakni bisa menjadi relasi praktik kerja industri (prakerin) siswa. Kemudian sebagai media belajar guru untuk meningkatkan kompetensi keahlian serta sebagai tempat peluang kerja bagi alumni SMKNU," kata Kepala sekolah SMKNU 01 Jogoroto Syahrul Munir.


Ia menjelaskan, di sana para siswa-siswi dan guru dikenalkan dengan 300 jenis tanaman beserta fungsinya oleh tim taman jamu scientific Jejamon.


"Banyak hal yang kita dapatkan, selain berkeliling dan mengenal tumbuh-tumbuhan, termasuk juga kami diberi kesempatan untuk pembuatan produk jamu herbal di sana. Tentu para siswa-siswi sangat antusias dan bersemangat sekali dengan kegiatan seperti ini," jelasnya.


Munir mengaku, semua proses perjalanan dari Jombang hingga sampai pada tujuan dilalui dengan baik. Pun demikian dengan proses MoU-nya. Tema yang diusung adalah 'Menuju Kurikulum Merdeka Belajar'.


Ia berharap, dengan kunjungan industri dan MoU ini SMKNU bisa menggabungkan kurikulum pendidikan dengan dunia usaha industri.


"Saya berharap, siswa-siswi SMKNU setelah kunjungan industri ini semakin terampil di dunia usaha sesungguhnya dan menjadi entrepreneur yang andal," pungkasnya.


Daerah Terbaru