• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Jelang Kompetisi Entrepreneur Provinsi, SMKNU 01 Jogoroto Seleksi Produk Siswanya

Jelang Kompetisi Entrepreneur Provinsi, SMKNU 01 Jogoroto Seleksi Produk Siswanya
Seleksi lokal SMKNU 01 Jogoroto untuk mengikuti entrepreneur competition
Seleksi lokal SMKNU 01 Jogoroto untuk mengikuti entrepreneur competition

NU Online Jombang

Dalam rangka persiapan mengikuti Entrepreneur Competition tingkat Provinsi yang akan digelar 27 Februari 2022 mendatang, guru Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) 01 Jogoroto, Kabupaten Jombang menyeleksi produk-produk kreatif siswa yang akan ikut dalam kompetisi tersebut.

 

Hakim Hidayatulloh, salah satu guru yang menjadi juri seleksi produk kreatif menyampaikan, ada 4 sampai 6 produk terpilih yang akan diikutsertakan dalam kompetisi yang akan diselenggarakan di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Peterongan itu.

 

"Kebetulan ada acara hari lahir (Harlah) NU ke 96, sekalian kita adakan seleksi lokal dalam lingkup SMKNU 01 Jogoroto sendiri mulai dari kelas XI sampai XII. Banyak produk-produk siswa-siswi yang berbahan baku herbal, diantaranya keripik kunyit, minuman boba zingiber dari jahe, kunyit asam yang ditambah dengan nata de coco," terang pria yang akrab disapa Hakim itu.

 

Hakim menjelaskan, untuk bisa lolos seleksi lokal, produk siswa-siswi harus sesuai kriteria juri yakni originalitas produk, inovasi, rasa dan pemanfaatan herbal sebagai bahan bakunya.

 

"Setelah lolos seleksi lokal lingkup sekolah, nantinya 4 sampai 6 produk akan menghadapi penjurian di tingkat provinsi dengan melewati proses penyerahan proposal kewirausahaan, presentasi produk, dan penilaian," jelasnya.

 

Ia berharap, mengikuti kompetisi ini dapat memacu semangat dan meningkatkan kreativitas para siswa.

 

Senada dengan Hakim, Muhammad Arifin, guru kewirausahaan SMKNU 01 Jogoroto juga memotivasi siswa-siswinya untuk mengikuti kompetisi tingkat provinsi tersebut.

 

"Mereka kami berikan masukan dan saran untuk terus memperbaiki kualitas produknya. Yang pasti, nanti kami juga akan mengajari tentang labeling, branding, dan inovasi. Agar ketika mengikuti kompetisi tidak lagi kaget," kata pria yang akrab disapa Arifin itu.

 

Dirinya berharap, siswa yang mewakili sekolah bisa memenangkan entrepreneur competition tersebut.

 

"Berbekal ilmu kewirausahaan yang telah diajarkan, saya harap mereka mampu menyabet juara 1, 2 dan 3. Semoga mereka mampu membuktikan bahwa SMKNU 01 Jogoroto mampu bersaing dengan sekolah sekolah negeri lainnya," harapnya.

 

Kontributor : Annisa Rahma

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru