• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

1 ABAD NU

Sambut 1 Abad NU, 2000 Yatim dan Dhuafa di Jombang Terima Santunan

Sambut 1 Abad NU, 2000 Yatim dan Dhuafa di Jombang Terima Santunan
Acara santunan anak yatim pada kick off peringatan 1 Abad NU di Jombang. (Foto: NU Online Jombang)
Acara santunan anak yatim pada kick off peringatan 1 Abad NU di Jombang. (Foto: NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Di antara agenda Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang dalam menyambut 1 Abad NU adalah santunan anak yatim secara serentak pada Senin (8/8/2022). Kegiatan ini dimotori oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). 


Pada praktiknya, LAZISNU melibatkan semua Unit Pengelola Zakat Infak Sedekah (UPZIS) NU di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Menurut Muhammad Fatih Sururi, Bendahara LAZISNU Jombang, ada beberapa UPZISNU di tingkat ranting yang tidak ketinggalan ikut serta melakukan kegiatan yang sama. 


"Jumlah penerima santunan pada kegiatan itu kurang lebih 2 ribuan, baik anak yatim dan dhuafa. Karena ada beberapa ranting dan MWC yang menyerahkan santunannya diberikan pada dhuafa," katanya.


PC LAZISNU sebelumnya memberikan dana stimulus kepada masing-masing UPZISNU di MWCNU sebesar Rp2 juta. Dana tersebut kemudian dikembangkan oleh UPZISNU dengan kreativitasnya dalam mencari donatur. 


Tak ada patokan khusus dari PC LAZISNU dalam santunan itu, model atau konsep kegiatan sepenuhnya diserahkan kepada UPZISNU masing-masing, sehingga di lapangan ditemui santunan yang diberikan cukup beragam. Ada yang berbentuk uang, barang, hingga paket kebutuhan sekolah.


"Santunannya bermacam-macam nilainya, ada yang 50 ribu bahkan ada yang nilainya 1 juta karena tergantung pada kemampuan ranting dan MWC meskipun LAZISNU Jombang sudah memberikan dana stimulan," jelasnya.


Menurut Fatih, kegiatan tersebut cukup semarak karena selain dilakukan secara serentak se-Kabupaten Jombang juga dirangkai dengan acara khataman Al-Qur’an. 


"Karena santunan baik yatim maupun dhuafa di semua MWCNU didahului kegiatan khatmil Qur'an yang dilaksanakan oleh BMT NU. berurutan, diawali khatmil Qur'an pagi hari dan siangnya santunan yatim," ucapnya.


Dengan suksesnya kegiatan tersebut, ia menyampaikan terima kasih pada segenap donatur dan semua yang terlibat pada kegiatan itu. Ia juga berharap kegiatan itu bisa terlaksana kembali di tahun depan. 


"Harapannya ke depan kegiatan ini tetap kita lestarikan dan kita laksanakan serta tetap bersinergi antarlembaga dan Banom di bawah naungan Nahdatul Ulama," pungkasnya.


Daerah Terbaru