• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 28 Maret 2023

Daerah

1 ABAD NU

PCNU Jombang Sambut 1 Abad NU dengan Khotmil Qur'an dan Santunan Yatim Serentak

PCNU Jombang Sambut 1 Abad NU dengan Khotmil Qur'an dan Santunan Yatim Serentak
Flyer santunan anak yatim serentak untuk sambut 1 abad NU. (Foto: Istimewa)
Flyer santunan anak yatim serentak untuk sambut 1 abad NU. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang menggelar Khotmil Qur'an dan Santunan Anak Yatim secara serentak dalam rangka menyambut 1 abad NU sekaligus memperingatinya lebih awal.


"Kegiatan santunan anak yatim ini dilaksanankan serentak pada Senin, 8 Agustus 2022 M yang bertepatan dengan 10 Muharram 1444 H atau yang disebut dengan Asyuro," kata Muhammad Fatih Sururi, penanggung jawab acara, Jumat (5/8/2022). 


Bendahara Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang ini menyampaikan, santunan tersebut dilakukan di setiap Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU).


"Masing-masing MWCNU sudah menyampaikan kesiapannya bahwa kegiatan ini dilaksanakan serentak. Untuk jamnya menyesuaiakan dengan kegiatan MWCNU," jelasnya.


Ia menambahkan, bahwa kegiatan Santunan Anak Yatim tersebut memang menjadi rutinitas LAZISNU setiap tahun, dilaksanakan pada bulan Muharram. 


"Karena ada ajaran dari masayikh dan guru-guru kita bahwa memuliakan anak yatim khususnya di bulan Muharram mendapat kemuliaan yang lebih," tuturnya.


Fatih, sapaan akrabnya juga berharap, agar kelak anak-anak yatim tersebut dapat meneruskan perjuangan para ulama. Yakni berbakti pada agama dan bangsanya.


"Semoga anak-anak yatim di seluruh Kabupaten Jombang dapat menjadi orang yang bermanfaat dan tetap mengikuti ajaran Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah serta tetap mempertahankan NKRI sebagai tempat berpijak," pungkasnya.


Khotmil Qur'an juga dilakukan di satu waktu dengan santunan anak yatim pada, Senin (8/8/2022). Kegiatan ini dihendel dan difasilitasi oleh Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU).


Sementara untuk lokasinya, di samping diletakkan di masing-masing kantor MWCNU, juga di kantor BMT NU pusat dan di kantor PCNU Jombang.


Daerah Terbaru