• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

PMII Jombang Gelar Kelas Pemikiran Tokoh Pesantren Jombang

PMII Jombang Gelar Kelas Pemikiran Tokoh Pesantren Jombang
Kelas pengenalan tokoh pendiri NU yang dilakukan PC PMII Jombang di Museum Islam Indonesia Hasyim Asy'ari (01/12/2023). Foto: Dok PC PMII Jombang
Kelas pengenalan tokoh pendiri NU yang dilakukan PC PMII Jombang di Museum Islam Indonesia Hasyim Asy'ari (01/12/2023). Foto: Dok PC PMII Jombang

NU Online Jombang,

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jombang menggelar Kelas Pemikiran Tokoh Pesantren Jombang. Ini dilakukan untuk memfasilitasi perkenalan kader PMII dengan para tokoh ulama dan aktivis Islam yang berasal dari Jombang. Acara digelar di Museum Islam Indonesia Hasyim Asy'ari. (01/12/2023).

 

Ketua umum PC PMII Jombang, Rizal Abdillah menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menelaah dan mengkaji buah pemikiran para tokoh pendahulunya. 

 

"Kita ingin menelaah dan mengkaji pemikiran para tokoh Pesantren se-Jombang yang notabene adalah tokoh NU. Dalam hal ini, kita akui bahwa PMII juga merupakan wadah kader muda NU," ungkapnya.

 

Menurut pria yang kerap disapa Rizal ini, kegiatan akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan untuk mengupas sosok sentral di empat penjuru Pesantren di Jombang.

 

"Ini adalah start kelas pemikiran yang berjenjang. Selanjutnya kita akan mengkaji sosok KH Bisri Syansuri, KH Wahab Hasbullah, dan juga KH Romli Tamim," tambahnya. 

 

Dari masing-masing nama tokoh tersebut, lanjut dia, lokasi pelaksanaannya akan disesuaikan dengan Pesantren yang mereka dirikan. 

 

"Kelas pemikiran KH Bisri Syansuri akan dilaksanakan di Pondok Pesantren (PP) Mamba'ul Ma'arif Denanyar. Selanjutnya KH Romli Tamim di PP Darul Ulum Rejoso. Dan yang terakhir adalah KH Wahab Hasbullah akan dilaksanakan di PP Bahrul Ulum Tambakberas," paparnya.

 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat relasi PMII Jombang dengan Pesantren yang ada di Jombang. 

 

"Ini akan dilaksanakan di lokasi yang merupakan tempat lahir masing-masing tokoh sebagai alat komunikasi kita semua dengan 4 Pesantren tersebut," tegasnya. 

 

Rizal juga menyampaikan, pihaknya menginginkan PMII benar-benar dijadikan wadah berproses yang baik untuk para kadernya. 

 

"Ini merupakan ikhtiar kami untuk menjadikan PMII sebagai wadah berproses yang baik untuk kita semua," pungkasnya.

 

Kontributor : Ahmad Fikri


Daerah Terbaru