• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

Komisariat Leader Camp, Upaya IPNU-IPPNU Mojowarno Berdayakan Kader di Sekolah

Komisariat Leader Camp, Upaya IPNU-IPPNU Mojowarno Berdayakan Kader di Sekolah
Pelaksanaan kegiatan camp yang dilakukan IPNU-IPPNU Mojowarno di Wonosalam, Senin (19/12/2022) (Foto: Achmad Subakti)
Pelaksanaan kegiatan camp yang dilakukan IPNU-IPPNU Mojowarno di Wonosalam, Senin (19/12/2022) (Foto: Achmad Subakti)

NU Online Jombang

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mojowarno, Jombang menggelar Komisariat Leader Camp (KLC) bertempat di Villa Asriloka Wonosalam pada Senin (19/12/2022) hingga Selasa (20/12/2022).

 

Asrofi Hidayat, Ketua Pelaksana kegiatan camp mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian acara pra konferensi anak cabang (Konferancab) yang akan digelar Maret 2023 mendatang. 

 

"KLC adalah kegiatan pelatihan kader pimpinan komisariat (PK) se-kecamatan Mojowarno. Acara diawali dengan pelantikan serentak. Pesertanya juga dari jajaran ketua, wakil, sekretaris dan bendahara PK yang berjumlah total 55 peserta," ungkapnya.

 

Pria yang akrab disapa Asrofi ini menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar untuk merawat dan meregenerasi komisariat. Tujuannya adalah kader IPNU-IPPNU yang ada di sekolah digodok dan dimatangkan kemampuannya agar bisa menerapkan di sekolah masing-masing. 

 

"Setiap keputusan Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) harus seimbang. Tidak hanya ranting, komisariat harus disertakan juga. Oleh karenanya, nanti akan tercipta hubungan yang lebih dekat antara PAC dengan PR dan PK," ujarnya.

 

Mahasiswa STKIP Jombang ini melanjutkan, komisariat bisa menjadi pengkaderan terdini bagi IPNU-IPPNU. Maka, pihaknya berharap bisa mencetak kader komisariat yang unggul dan berkualitas. Untuk itulah didatangkan pemateri yang hebat.

 

Sementara itu, Ketua PAC IPPNU Mojowarno, Virna Ardila berharap KLC bisa membekali kader komisariat untuk bertarung memajukan komisariat masing-masing. 

 

Dirinya mengatakan, KLC adalah bagian dari upaya IPNU-IPPNU Mojowarno untuk memberdayakan kader komisariat.

 

"Pada kegiatan ini para peserta dibekali dengan ilmu agama, pengenalan ideologi dan organisasi, serta yang paling utama adalah digital media. Materi tersebut diberikan agar para peserta bisa memanfaatkan media sosial dengan baik," kata Virna.

 

Lebih lanjut, Virna mengatakan tujuan kegiatan ini adalah komisariat tidak vakum begitu saja. Maka perlu adanya kegiatan yang mendukung misalnya porseni dan olimpiade. Hal ini sesuai tagline yang diusung oleh PAC IPNU IPPNU Mojowarno, yaitu #pelajarberprestasi.


Daerah Terbaru