• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Kolaborasi Ansor dan IPNU-IPPNU Kepanjen Bagikan 400 Takjil ke Masyarakat

Kolaborasi Ansor dan IPNU-IPPNU Kepanjen Bagikan 400 Takjil ke Masyarakat
Berbagi takjil GP Ansor & IPNU-IPPNU Kepanjen. (Foto: Dok. Panitia)
Berbagi takjil GP Ansor & IPNU-IPPNU Kepanjen. (Foto: Dok. Panitia)

NU Online Jombang,
Sering kita menjumpai di Bulan Ramadhan beberapa orang ataupun komunitas tengah berbagi takjil kepada orang berpuasa, seperti halnya Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kepanjen Jombang berkolaborasi berbagi takjil, pembacaan maulid diba’ dan buka bersama, Sabtu (6/4/2024).


Penanggung jawab kegiatan Mochamad Hasim Rosyidi mengatakan, GP Ansor Kepanjen mengadakan bagi-bagi takjil berkolaborasi dengan IPNU-IPPNU Kepanjen menanamkan tentang pentingnya berbagi di bulan Ramadhan yang istimewa ini.


“Selain kolaborasi dengan IPNU-IPPNU, kita juga di-support oleh UPZISNU dan pengurus NU Kepanjen. Alhamdulillah beliaunya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut,” ujarnya.


Pria yang akrab disapa Rossi ini menuturkan, berbagi takjil dilaksanakan di Belakang RSUD Jombang di sebelah selatan Kantor Kelurahan Desa Kepanjen. Kegiatan dimulai dengan pembacaan diba’ pada pukul 15.00 WIB, dilanjutkan bagi-bagi takjil pada pukul 17.00 WIB dan kemudian dilanjut buka bersama.


“Alhamdulillah, sekitar 400 takjil yang kita bagikan ke masyarakat, meskipun menyebabkan kemacetan sebentar, tapi suasana bagi-bagi takjil tetap berjalan dengan lancar,” ungkapnya.


Berbagi takjil, lanjut dia, merupakan salah satu cara yang paling mudah dan cukup terjangkau untuk mendapatkan pahala yang dijanjikan Allah Swt. Meskipun hanya dengan memberikan secangkir air putih dan juga sepotong kue atau satu buah kurma sudah menjadi ladang pahala bagi yang memberikan. 


Ia kemudian mengutip sebuah hadits riwayat Ahmad yang disahihkan oleh Turmudzi, Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang berbagi takjil kepada orang yang berpuasa, maka ia mendapatkan pahala puasa tanpa mengurangi pahala puasa orang yang ditraktir takjil.”


Rossi menjelaskan, selain menjalankan hadits Rasulullah Saw tentang memberi makanan untuk orang yang berpuasa, tujuan kolaborasi ini adalah mempererat tali silaturrahim PR GP Ansor dengan IPNU-IPPNU Kepanjen.


“Harapan saya, dengan diadakannya kolaborasi antara GP Ansor dan IPNU-IPPNU ini bisa memantik semangat banom-banom NU lain khusunya yang ada di Kepanjen. Tentunya harapan saya ke depan seluruh banom bisa bersatu dalam kegiatan seperti ini,” pungkasnya.


Daerah Terbaru