• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Ngaji Kitab Lubabul Hadist, Perdalam Kekuatan Amaliyah

Ngaji Kitab Lubabul Hadist, Perdalam Kekuatan Amaliyah
Ngaji Kitab Lubabul Hadits Bersama Gus Imad Tambakberas (Foto: NU Online/Ali Purnomo)
Ngaji Kitab Lubabul Hadits Bersama Gus Imad Tambakberas (Foto: NU Online/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Imad Syauqi Imad mengaji kitab Lubabul Hadits di Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-Alun Jombang, dalam majelis dzikir dan shalawat rijalul Ansor, Sabtu (26/03/2022) malam. 

 

Menurut pria yang akrab disapa Gus Imad ini, kitab Lubabul Hadits adalah kitab yang berisi 40 bab. Setiap babnya, memuat sepuluh hadits sehingga secara keseluruhan berjumlah 400 hadits. 

 

Kitab karangan Jalaluddin bin kamaluddin as-suyuthi ini, lanjut dia, memuat tentang hadits-hadits nabi, atsar-atsar sahabat yang diceritakan dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam. Dengan sanad yang shahih lagi kuat. Kitab ini tiap babnya mengulas tentang keutamaan-keutamaan, larangan-larangan dan pencegahan. 

 

"Kitab ini menerangkan keutamaan-keutamaan amaliyah, seperti keutamaan shalawat, keutamaan doa, keutamaan kalimat Tauhid, dan lain sebagainya," jelas pria kelahiran Suriah, 27 april 1996 ini.

 

Pria yang saat ini menempuh pendidikan S2 di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang ini menjelaskan, bab 1 kitab Lubabul Hadist menerangkan tentang keutamaan ilmu dan ulama.

 

"Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa berpindah tempat untuk menuntut ilmu (syariat) maka dosanya diampuni sebelum dia melangkah. Itu adalah soal Menuntut Ilmu. Selain itu, ada pula yang menerangkan soal memuliakan Ulama. Muliakanlah para Ulama. Karena sesungguhnya, mereka adalah orang-orang mulia yang dimuliakan di sisi Allah SWT," tandasnya dalam agenda Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang tersebut.

 

Gus Imad pernah menjabat sebagai ketua Rijalul Asor PAC GP Ansor Jombang. Ia merupakan alumni pondok pesantren (PP) Darullughah Wadda'wah.


Daerah Terbaru