• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Kiai Nashir dan Kiai Salman Terpilih Kembali sebagai Rais dan Ketua PCNU Jombang

Kiai Nashir dan Kiai Salman Terpilih Kembali sebagai Rais dan Ketua PCNU Jombang
KH Salmanudin Yazid terpilih kembali sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Jombang (Foto: NU Online/Annisa)
KH Salmanudin Yazid terpilih kembali sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Jombang (Foto: NU Online/Annisa)

NU Online Jombang,

KH Abdul Nashir Fattah dan KH Salmanudin Yazid kembali terpilih kembali menjadi Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang masa khidmah 2022-2027.

 

Hal tersebut disahkan oleh pimpinan sidang komisi IV, M Qoderi, Wakil Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Jawa Timur.

 

Dalam momen sidang tersebut, pemilihan Rais Syuriyah PCNU dilaksanakan terlebih dahulu dengan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa).

 

"Anggota AHWA yang terpilih berjumlah 5 orang yang akan menunjuk atau memilih Rais Syuriyah dengan melaksanakan sidang di ruang Rais Syuriyah (kantor PCNU)," kata Kiai Ahsanul.

 

Setelah anggota AHWA melaksanakan sidang pemilihan Rais Syuriyah. 5 anggota AHWA tersebut sepakat untuk mengangkat dan menunjuk KH Abdul Nashir Fattah sebagai Rais Syuriyah PCNU Jombang masa khidmah 2022-2027.

 

Sementara itu, dalam sidang pemilihan bakal calon ketua tanfidziyah PCNU Jombang, terdapat 21 nama yang diusulkan oleh peserta sidang. Namun, ada 3 calon yang berhak dipilih oleh peserta sidang.

 

Tiga nama yang terpilih yaitu, KH M Salmanudin Yazid, KH Azam Choiruman Najib, dan KH Samsul Rijal. Ketiga calon ini diminta kesiapannya oleh pimpinan sidang yang dipimpin oleh M Qoderi.

 

Sayangnya, KH Azam Choiruman Najib atau Gus Heru mengundurkan diri sebagai calon Ketua Tanfidziah. Sehingga, yang berhak menjadi calon ketua untuk dipilih adalah KH M Salmanudin Yazid dan KH Samsul Rijal.

 

Berdasarkan mekanisme tata tertib persidangan yang telah disetujui peserta Konfercab. Rais Syuriyah terpilih yang akan memilih Ketua Tanfidziyah.

 

KH Abdul Nashir Fattah sebagai Rais Syuriyah terpilih memilih KH Salmanudin Yazid atau Gus Salman untuk menjadi ketua Tanfidziyah PCNU Jombang.

 

Sebelum ditetapkan, M Qoderi, pimpinan sidang menanyakan kepada peserta sidang apakah menyetujui Gus Salman sebagai ketua terpilih.

 

Sontak, semua peserta menyetujui pemilihan tersebut dengan antusias. Seluruh peserta berdiri tanda mufakat diiringi dengan tepuk tangan yang riuh.

 

Dengan demikian, sidang menetapkan Gus Salman sebagai Ketua Tanfidziyah terpilih.

 

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pimpinan sidang menetapkan KH Salmanuddin Yazid sebagai ketua terpilih pada Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027,” kata pimpinan sidang dilanjutkan dengan mengetuk palu tiga kali.

 

Gus Salman juga segera membaca janji di dalam kontrak jamiyah dengan lantang sebelum kemudian melakukan penandatanganan kontrak jamiyah di hadapan seluruh peserta Konfercab.


Daerah Terbaru