• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Hidupkan Tradisi Rebana, PAC Fatayat Gelar Festival Rebana dan Dirijen Se-Kecamatan Jombang

Hidupkan Tradisi Rebana, PAC Fatayat Gelar Festival Rebana dan Dirijen Se-Kecamatan Jombang
Hidupkan Tradisi Rebana, PAC Fatayat Gelar Festival Rebana & Dirijen Se-Kecamatan Jombang. Foto: Dok. Fatayat NU
Hidupkan Tradisi Rebana, PAC Fatayat Gelar Festival Rebana & Dirijen Se-Kecamatan Jombang. Foto: Dok. Fatayat NU

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nadhatul Ulama(NU) Jombang Kota menggelar Festival Rebana dan Dirigen se-Kecamatan Jombang. Salah satu tujuannya yaitu dapat menghidupkan kembali tradisi rebana sebagai ciri khas organisasi Fatayat.  

 

Imilda Zakkiyatie, Ketua Pelaksana Festival Rebana dan Dirigen mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mencari kader tim rebana baru yang dapat menguatkan tim rebana di PAC. Selain itu, juga sekaligus mencari kader yang dapat menjadi dirigen setiap kegiatan di PAC.

 

"Semoga dengan kegiatan ini, setiap ranting menjadi semakin inovatif. Karena festival rebana ini, sekitar 20 ranting di PAC Jombang akhirnya mempunyai grup rebana," paparnya.

 

Kegiatannya, lanjut dia, berlangsung sangat ramai dan meriah. Suporter setiap peserta hadir silih berganti mulai dari pukul setengah 8 hingga pukul 4 sore. Saat lomba rebana dimulai, shalawat terdengar menggema di seluruh ruangan.

 

“Alhamdulillah para peserta dan suporter sangat antusias sekali. Semoga kita menjadi umat yang selalu dicintai nabi dengan bersholawat dan sebagai kader Fatayat NU yang kreatif, inovatif dan berakhlakul Karimah,” jelasnya

 

Perempuan yang akrab disapa Imel ini mengutarakan, tema ‘Mahabbah dalam rebana’ diambil agar kegiatan festival ini bisa menjadi salah satu jalan untuk selalu bershalawat. Selain itu juga menumbuhkan rasa untuk semakin mencintai nabi Muhammad SAW dan berharap kelak mendapatkan syafaatnya.

 

“Semoga festival ini bisa sebagai wasilah untuk para anggota Fatayat menjadi umat yang mencintai Nabi. Umat yang unggul dan berkualitas seperti yel-yel Fatayat yang selalu kita dengungkan di setiap kegiatan,” ujarnya, Selasa (27/6/2023).

 

Ia berharap, kegiatan festival rebana dan dirigen ini dapat menjadi sarana untuk mengasah kemampuan dan mencetak kader Fatayat NU yang luar biasa.

 

“Festival ini didukung oleh bazar koperasi Melati PAC Fatayat NU Jombang Kota yang diisi oleh produk-produk unggulan dari 20 ranting,” pungkasnya.

 

Bertempat di TPQ Al-Fattah Sambongdukuh Jombang, lomba ini dihadiri oleh sekitar 450 orang yang terdiri dari 20 Pimpinan Ranting Fatayat NU se kecamatan Jombang.

 

Berikut daftar lengkap pemenang lomba 

1.Lomba Dirigen

Juara 1 : Risa Yulyana dari PR Sambongdukuh

Juara 2 : Susana dari PR Denanyar

Juara 3 : Ani Saudah dari PR Dapur Kejambon

 

2. Lomba Rebana

Juara 1 : Grup An Nazwaa dari PR Dapurkejambon

Juara 2 : Grup El Fas dari PR Sambongdukuh

Juara 3 : Grup Az Zahra dari PR Kaliwungu

Juara Harapan 1 : Grup An-Nada dari PR Plandi

Juara Harapan 2 : Grup El Maza dari PR Pulo Lor


Daerah Terbaru