• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Minggu, 10 Desember 2023

Daerah

Gelar Lailatul Qiroah, NU Sambongdukuh Syiar Seni Baca Al-Qur’an

Gelar Lailatul Qiroah, NU Sambongdukuh Syiar Seni Baca Al-Qur’an
Suasana Lailatul Qiroah yang digelar oleh PRNU Sambongdukuh, Jombang di Masjid Miftahul Jannah Dusun Sariloyo, Desa Sambongdukuh, Kamis (13/4/2023). (Foto: Dok PRNU Sambongdukuh)
Suasana Lailatul Qiroah yang digelar oleh PRNU Sambongdukuh, Jombang di Masjid Miftahul Jannah Dusun Sariloyo, Desa Sambongdukuh, Kamis (13/4/2023). (Foto: Dok PRNU Sambongdukuh)

NU Online Jombang, 
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang menggelar Lailatul Qiroah dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an di Masjid Miftahul Jannah Dusun Sariloyo, Desa Sambongdukuh.


Tujuan kegiatan ini untuk syiar seni membaca Al-Qur'an terutama bidang tilawah. Selain itu, juga sebagai media introspeksi diri agar terus menambah kecintaan kepada Al-Qur'an.


ketua pelaksana kegiatan Amirul Mukminin mengatakan, Lailatul Qiroah ini berjalan dengan khidmah, para qari' dipanggil secara bergantian untuk menyenandungkan ayat suci Al-Qur’an dengan seni baca Qur’an.


“Terdapat 13 qari’ yang terdiri dari 12 qari’ berasal dari warga Desa Sambongdukuh dan 1 qari' dari luar desa,” ungkapnya pada NU Online Jombang, Kamis (13/4/2023). 


Pria yang akrab disapa Amir ini menyampaikan, tema yang diusung dalam Lailatul Qiroaah ini adalah "Menjunjung Tinggi Klalamullah, Mengimplemantasikan Jiwa Qur’ani".


“Kami mengharapkan kegiatan ini ke depannya selalu diadakan, sehingga dapat meningkatkan rasa cinta kepada Al-Qur’an,” ujarnya. 


Ia menuturkan, secara keseluruhan, baik dari pemerintah desa, PRNU, maupun sejumlah badan otonom (Banom) NU sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap diadakan secara istikamah pada setiap bulan Ramadhan.


Kegiatan diawali dengan santunan anak yatim, pemberian intensif TPQ serta pemberian tali asih takmir dan diakhiri dengan doa penutup.


Pemberian santunan dan insentif TPQ se-Sambongdukuh, dananya berasal dari Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) dan untuk tali asih takmir masjid, mushala dan guru pengajian Dakwatul Khoirot dananya ditanggung oleh PRNU Sambongdukuh.


Acara dihadiri sekitar 450 orang yang terdiri dari ketua PRNU Sambongdukuh, kepala TPQ se-Desa Sambongdukuh, takmir masjid dan mushala serta semua unsur Banom NU di Sambongdukuh. 


Daerah Terbaru