• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Gelar Konferensi, Ansor Kudu Jombang Tekankan tentang Kemandirian Organisasi

Gelar Konferensi, Ansor Kudu Jombang Tekankan tentang Kemandirian Organisasi
Gelar Konferensi, Ansor Kudu Jombang Tekankan tentang Kemandirian Organisasi. (Foto: Istimewa)
Gelar Konferensi, Ansor Kudu Jombang Tekankan tentang Kemandirian Organisasi. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang sukses melaksanakan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) tahun 2022 dengan tema "Penguatan Kader Menuju Ansor yang Mandiri dan Bermartabat". Forum musyawarah tertinggi Ansor di tingkat kecamatan ini berlangsung di ruang kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Gunung Jati Katemas, Kudu, Jombang, Kamis (28/4/2022) malam.


Ketua PAC GP Ansor Kudu, Mochammad Aris mengatakan, Ansor di Kecamatan Kudu tidak cukup hanya siap menjalankan amaliyah dan mendakwahkan Nahdlatul Ulama (NU) saja, melainkan wajib mengikuti kaderisasi yang sudah diatur dalam aturan organisasi.


"Misalnya, kalau dalam aturan organisasi ketua PAC minimal sudah pernah mengikuti Pelatihan Kader Dasar (PKD). Tapi juga harus ikut Pelatihan Kader Lanjut (PKL)," katanya kepada NU Online Jombang, Jumat (29/4/2022).


Pria yang kerap disapa Aris ini menegaskan, bahwa Ansor harus mandiri dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya. Sehingga Ansor memiliki kontribusi nyata di tengah tengah masyarakat.


"Jika belum bisa, minimal tidak meminta ke masyarakat untuk berkegiatan agar Ansor tidak menjadi problem dan memberatkan masyarakat," tegasnya.


Jika Ansor Kudu sudah mandiri, lanjutnya, maka sudah selayaknya dianggap organisasi yang bermartabat.


Dalam konferensi PAC GP Ansor Kudu tahun 2022, ketuanya nanti dipilih secara langsung melalui musyawarah mufakat dengan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA).


"Ada 11 ranting yang mengikuti Konferancab ini. Semoga nanti pemilihan berjalan dengan lancar dan Ketua terpilih bisa menjalankan amanah dengan baik," pungkas Aris.


Daerah Terbaru