• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

KONFERCAB NU JOMBANG 2022

BMT NU Gelontor Penuh Biaya Konfercab

BMT NU Gelontor Penuh Biaya Konfercab
Sekretaris BMTNU, Muhammad Mukhlis (Foto: NU Online/Annisa)
Sekretaris BMTNU, Muhammad Mukhlis (Foto: NU Online/Annisa)

NU Online Jombang,

Kebutuhan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang tahun 2022 yang diselenggarakan pada Ahad (05/06/2022) dibiayai oleh Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Kabupaten Jombang.

 

Muhammad Muchlis, sekretaris BMT NU Jombang menuturkan, BMT NU merupakan lembaga yang berdiri dengan difasilitasi oleh PCNU. BMT NU juga membantu pengembangan NU serta sebagai penopang kemandirian organisasi NU di Jombang.

 

"Untuk saat ini memang ada dana promosi dan SHU yang disendirikan. Itulah yg dipakai untuk mendukung Konfercab NU ini," tutur Muchlis sapaan akrabnya.

 

Dengan begitu, lanjut Muchlis, yang menjadi kata kuncinya adalah kemandirian NU menjadi terlihat karena selama ini stigma masyarakat melihat kegiatan di NU itu memakai iuran perorangan.

 

"Sekarang kita sudah punya BMT NU, RSNU, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) NU yang berjalan dengan baik. Kita sekarang juga punya CV NU Mandiri yang menunjang perekonomian petani Nahdlyin. Nah kemudian, bagaimana sistem yang bekerja itu diberdayagunakan untuk kemandirian organisasi," imbuhnya.

 

Muchlis menyebutkan, biaya konfercab NU Jombang yang diberikan oleh BMT NU adalah sebesar Rp 323.750.000.

 

Menurutnya, hadirnya BMT NU saat ini sangat bermanfaat bagi NU dan Nahdliyin. Anggota BMT NU juga Nahdliyin. Sehingga, secara tidak langsung mereka ikut menopang kegiatan NU. 

 

Ia mengatakan, beberapa kegiatan NU yang lain, BMT NU Jombang selalu mendukung. Akan tetapi di tahun ke-10, BMT NU Jombang makin berkembang, maka dengan kekuatan yang ada itulah kegiatan ini didukung semaksimal mungkin.

 

"Insyaallah, tahun-tahun ke depan, ini juga berlaku sama. Sepanjang operasionalnya didukung oleh Nahdliyin, maka akan terjadi simbiosis mutualisme," katanya kepada NU Online Jombang.

 

Muchlis memungkasi, berdasarkan sejarah dan visi berdirinya, BMT NU Jombang merupakan strategi dari PCNU Jombang. Oleh karena itu, sudah semestinya BMT NU Jombang memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam mendukung setiap kegiatan atau program yang ada di NU.


Daerah Terbaru