• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Bentuk Pelajar NU yang AKAS, IPNU-IPPNU Jogoroto Gelar Makesta

Bentuk Pelajar NU yang AKAS, IPNU-IPPNU Jogoroto Gelar Makesta
Makesta IPNU-IPPNU Jogoroto, Bentuk Pelajar NU yang AKAS (Foto : Dok IPNU-IPPNU Jogoroto)
Makesta IPNU-IPPNU Jogoroto, Bentuk Pelajar NU yang AKAS (Foto : Dok IPNU-IPPNU Jogoroto)

NU Online Jombang,

Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto sukses menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Harapannya, kegiatan ini dapat membentuk Pelajar NU yang Aktif, Kreatif, dan Solutif (AKAS)

 

Ketua PR IPNU Jogoroto, Muhammad Diky Fajar Romadloni menjelaskan, Makesta merupakan jenjang pengkaderan awal bagi anggota IPNU IPPNU.

 

"Makesta isinya berupa pengenalan dasar organisasi dan keyakinan yang tetap berlandaskan pada Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja)," katanya. 

 

Kegiatan yang digelar pada Jumat (1/07/2022) hingga Ahad (3/7/2022) itu bertempat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hasyim Asy'ari Jogoroto. 

 

Diky memaparkan, pihaknya mengadakan Makesta sebagai bentuk penepatan janji mengadakan Makesta pertama kali di Ranting Jogoroto. Ini dilakukan sebagai revolusi untuk memajukan nama Ranting Jogoroto.

 

Diky berharap, setelah Makesta, para peserta diharapkan dapat lebih aktif serta menjaga kekompakan dan kekeluargaannya.

 

"Karena menurut saya, ada tidaknya acara atau sukses tidaknya acara itu, bergantung pada keharmonisan anggota dalam organisasi tersebut. Semewah apapun acaranya, jika tidak ada keharmonisan antar anggota, sama saja seperti menyiksa diri sendiri dan orang lain," tambahnya saat dihubungi NU Online Jombang, Senin (4/7/2022).

 

Setelah Makesta, langkah selanjutnya yang akan ditempuh adalah membentuk suasana kekeluargaan yang harmonis serta rasa nyaman dalam organisasi untuk anggota di ranting, khususnya bagi anggota baru.

 

Setelah itu, lanjut dia, mereka bisa menjalankan kembali rutinitas ranting dan menjalankan persiapan pra demis yang akan dilaksanakan di pertengahan tahun 2023.

 

Untuk diketahui, Makesta Jogoroto harusnya diikuti oleh 41 peserta delegasi Ranting se Kecamatan Jogoroto. Dan peserta eksternal berasal dari Kecamatan Mojowarno dan Kecamatan Gudo. Namun, yang hadir ada 36 peserta dikarenakan ada beberapa halangan tertentu.


Daerah Terbaru