• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

Belajar Berorganisasi, IPNU IPPNU Sambongdukuh Gelar Makesta

Belajar Berorganisasi, IPNU IPPNU Sambongdukuh Gelar Makesta
Pelaksanaan Makesta IPNU-IPPNU Sambong Dukuh, Jombang (Foto: NU Online/Ira Wahyu Wardhani)
Pelaksanaan Makesta IPNU-IPPNU Sambong Dukuh, Jombang (Foto: NU Online/Ira Wahyu Wardhani)

NU Online Jombang,

Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nadhatul Ulama (IPPNU) Sambongdukuh mengusung tema "Learn To Organize" yakni belajar berorganisasi dalam Masa Kesetiaan Anggota (Makesta).

 

M Afriza Hafid, Ketua pelaksana Makesta mengatakan, sesuai tema yang diusung dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk belajar berorganisasi. Tema ini juga menunjukkan bahwa belajar berorganisasi di IPNU IPPNU itu akan dialami semua anggota.

 

Makesta merupakan sebuah kegiatan pelatihan untuk kader IPNU IPPNU yang akan mengenalkan dasar-dasar Nahdlatul Ulama (NU), dasar-dasar IPNU IPPNU sekaligus tentang Ahlussunah wal jamaah (Aswaja).

 

"Kegiatan Makesta ini dilakukan untuk meningkatkan kepribadian bagi pelajar Indonesia. Sehingga, akan terbentuk pelajar Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan. Selain itu, diharapkan juga para anggota juga bisa bertanggung jawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut ajaran Ahlussunah Wal Jama'ah dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," jelasnya.

 

Pelajar yang akrab disapa Hafid ini menjelaskan, teknis kegiatan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan adaptasi yang meliputi perkenalan, pre test dan kontrak forum. Kemudian, dilanjutkan dengan penguatan ideologi dengan memberikan materi ahlussunnah wal jamaah, tentang organisasi IPNU IPPNU serta Kebangsaan. Setelah itu barulah dilakukan penguatan skill organisasi, kepemimpinan, post test, dan evaluasi.

 

"Jangan berhenti untuk belajar berorganisasi. Sebab, belajar berorganisasi itu sangat penting dalam membimbing dan melatih kita untuk berani bertanggung jawab dan tegas terhadap mengatasi problem," ungkapnya.

 

Hafid berpesan, menjadi kader penerus NU harus selalu semangat dan terus belajar di dalam organisasi.

 

"Harapan saya untuk peserta adalah menjaga komitmen dengan mengikuti organisasi IPNU IPPNU dan selalu mengikuti semua kegiatan di ranting. Sedangkan untuk panitia, semoga selalu optimis dan selalu kompak dalam kegiatan karena tidak ada yang namanya kubu-kubuan atau yang lain. Saya harap kita bisa selalu fokus dalam pelaksanaan kegiatan," paparnya.

 

Sedangkan, M Nur Risqi H, peserta Makesta mengatakan, senang sekali dapat berpartisipasi menjadi kader NU karena dapat mengenal lebih jauh tentang NU, organisasi, kepemimpinan serta dapat memperbaiki diri jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

"Harapan saya, untuk Makesta semoga bisa memberi warna di negara ini serta mampu menjadi organisasi yang mencetak kader multifungsi dan profesional," pungkasnya.

 

Kegiatan bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Al Bairuny Desa Sambongdukuh Kecamatan Jombang. Peserta Makesta ini berjumlah 25 peserta yang terdiri dari kader di beberapa PR IPNU IPPNU di kecamatan Jombang antara lain, Sambongdukuh, Candi Mulyo, dan Tambakrejo. Acara digelar Jumat (23/12/2022) hingga Ahad (25/12/2022).


Daerah Terbaru