• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Begini Cara Santri Bahrul Ulum Tambakberas di Lamongan Isi Ramadhan

Begini Cara Santri Bahrul Ulum Tambakberas di Lamongan Isi Ramadhan
Begini Cara Santri Bahrul Ulum Tambakberas di Lamongan Isi Ramadhan. (Foto: Istimewa)
Begini Cara Santri Bahrul Ulum Tambakberas di Lamongan Isi Ramadhan. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Himpunan Santri Lamongan Pondok Pesantren bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang (Hisla-BU) menyelesaikan Safari Ramadhan. Kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan Ramadhan setelah santri pulang dari Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.


Ketua Panitia Safari Ramadhan, M. Syauqil mubarok menyenangkan, tujuan kegiatan tersebut untuk melatih para santri dalam  mengamalkan ilmunya yang sudah didapatkan di pondok pesantren kepada masyarakat. Selain itu juga sebagai ikhtiar mensyiarkan dakwah pesantren.


Adapun bentuk kegiatan Safari Ramadhan tahun ini beragam. Di antaranya menjadi bilal dan imam shalat di masjid dan mushala, mengajar sekolah baik SD/MI, mengajar TPQ, tadarus Al-Qur’an, kultum, dan kegiatan kegiatan kemanusiaan. Yakni berbagi takjil, buka puasa bersama, diklat keorganisasian, dan juga waqaf Al-Qur'an. 


“Untuk kegiatan berbagi takjil dan waqaf Al-Qur’an kami menjalin kerja sama dengan Yayasan Berkas Bersinar Abadi, dan juga untuk media partner kami bekerja sama dengan akun Instagram @event.lamongan dan akun Youtube Purnomo belajar baik”, katanya, Sabtu (30/4/2022).


Kegiatan yang dipusatkan di Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan ini diikuti oleh 50 santri. Safari Ramadhan dimulai sejak 22 sampai 28 April 2022 dengan tema “Peran Santri dalam Kebangkitan di Era Globalisasi”.


“Semoga dengan adanya safari ramadhan ini bisa menjadikan santri lebih dekat dengan masyarakat dan juga bisa mengerti tantangan apa saja yang akan dihadapi Ketika kelak sudah lulus dari pondok pesantren," tutur Pembimbing Hisla-BU, Nur Hasan.


Safari Ramadhan akan ditutup dengan gebyar seni yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2022, kemudian dilanjutkan dengan Halal Bi Halal. Gebyar seni sendiri merupakan lomba antarpos. Pesertanya adalah anak-anak desa setempat yang sudah dilatih oleh para santri selama Safari Ramadhan, di antara lombanya adalah lomba Al-Banjari dan MTQ 


Untuk kegiatan Halal Bi Halal nanti juga akan diisi dengan ceramah agama oleh KH M Fadhlulloh Malik, Pengasuh Ribath Al-Maliki 1 Pesantren Bahrul ulum Tambakberas, Jombang. Dihadirkan juga KH M Anshori Nawawi, Ketua IKABU Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan H Abdul Ro’uf.


Kontributor: Moh Nauval Karim Al-Alawi


Daerah Terbaru