• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Asah Kreativitas Seni Kerajinan Tangan, Bernilai Ekonomi

Asah Kreativitas Seni Kerajinan Tangan, Bernilai Ekonomi
Foto bersama usai pelatihan kerajinan tangan yang diselenggarakan IPNU-IPPNU Tambakrejo. (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani)
Foto bersama usai pelatihan kerajinan tangan yang diselenggarakan IPNU-IPPNU Tambakrejo. (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani)

NU Online Jombang,
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang mengadakan pelatihan kerajinan tangan yang diberi nama Peanut Craft, di Kedai Viapi Desa Sambongdukuh, Jombang. Kegiatan ini juga untuk mengisi rangkaian hari lahir (Harlah) NU, IPNU, dan IPPNU.


Achmad Alvin Syarif, Direktur Lembaga Ekonomi IPNU Tambakrejo mengatakan, Peanut Craft adalah inovasi dari program lembaga ekonomi untuk anggota IPNU-IPPNU agar bisa berbisnis tanpa melupakan kewajiban utamanya, yaitu belajar.


Peanut Craft diadakan karena tidak sedikit anggota IPNU-IPPNU yang kurang memiliki skill di bidang kerajinan, padahal peluang usaha di bidang ini sangat besar khususnya pada era yang mana kreativitas dan estetika di atas segalanya” jelasnya, Senin (28/2/2022). 


Ia menyampaikan, tujuan diadakannya Peanut Craft antara lain untuk menumbuhkan dan meng-upgrade skill kader muda NU di bidang kerajinan tangan yang bisa menghasilkan nilai ekonomi. Hal itu juga dapat mengubah mindset sebagian orang bahwa mencari pekerjaan itu susah. Kata kuncinya adalah kreativitas.


Pelajar yang akrab disapa Guk Met ini mengatakan, teknis kegiatan diawali dengan perkenalan, dilanjutkan materi dasar yang disampaikan oleh Nina Hadi Septina, Owner ENHA Creative, setelah itu dilanjutkan dengan praktik.


“Materi yang dipelajari pada pelatihan ini ada 3 materi yaitu dasar-dasar pembuatan scrapframe dan buket mini serta dasar untuk menjadi crafter yang aktif dan kreatif,” ujarnya.


Ia menegaskan, kegiatan akan berkelanjutan. Ke depan bakal ada tahap dua, tiga, dan seterusnya. Dalam pertemuan selanjutnya akan diupgrade materi dan praktik yang dibuat lebih menarik untuk menjaga antusiasme peserta.


Pihaknya berharap, Peanut Craft dapat menjadi bekal untuk anggota IPNU-IPPNU lebih kreatif. Selain itu juga menjadi ladang pengembangan diri serta usaha yang mudah dipelajari dan mudah dilakukan bagi generasi muda NU di era ini.


Hadir pada kesempatan ini, sekitar 20 orang. Acara dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.


Daerah Terbaru