• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Nasional

HARI SANTRI 2023

Mohammad Zikni Amiruddin, Santri Jombang Raih Runner Up Duta Santri Nasional 2023

Mohammad Zikni Amiruddin, Santri Jombang Raih Runner Up Duta Santri Nasional 2023
Mohammad Zikni Amiruddin, Santri Jombang Raih Runner Up Duta Santri Nasional 2023. (Foto: Mohammad Zikni Amiruddin)
Mohammad Zikni Amiruddin, Santri Jombang Raih Runner Up Duta Santri Nasional 2023. (Foto: Mohammad Zikni Amiruddin)

NU Online Jombang,

Mohammad Zikni Amiruddin, Santri Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang ini raih Runner Up Duta Santri Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Duta Santri Nasional dan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Surabaya, Jumat (20/10/2023) lalu. 

 

Pemilihan Duta Santri Nasional 2023 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri 2023. Ini untuk melahirkan figur santri yang paripurna dalam segala aspek dengan memegang teguh nilai kepesantrenan dan memiliki peran untuk mengabdi pada masyarakat.

 

Perjalanan Zikni untuk mengikuti lomba sangat panjang, dimulai dari pembukaan pada bulan Januari. Kemudian seleksi wawancara hingga penyusunan program kerja dan tahap pitching di bulan September.

 

"Saya sejak dari Aliyah sudah terbiasa mengikuti lomba, khususnya bidang dakwah. Tetapi pada kesempatan ini, saya mengambil bidang budaya dan pariwisata," katanya pada NU Online Jombang, Senin (23/10/2023). 

 

Menurutnya, bidang budaya dan pariwisata masih asing bagi para santri. Santri masa kini harus bisa berkolaborasi dengan berbagai sektor untuk kemaslahatan umat salah satunya di bidang budaya dan pariwisata. 

 

Pada lomba kali ini, dia berhasil mengalahkan 6.435 orang dari seluruh kota di Indonesia. Walaupun sudah sering mengikuti ajang perlombaan, Zikni masih berlatih dan menampilkan perfoma terbaiknya dengan belajar dan mencari kesegaran isu sebagai referensi. 

 

"Metode belajar saya adalah listening, mendengar dan mencari data tentang isu-isu yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Karena kita sebagai Duta Santri harus mampu merespon perkembangan zaman dengan baik dan benar dan itu juga merupakan bekal dalam menuju grand final," tambah Zikni. 

 

Selain belajar, Mahasiswa UIN Malang ini juga punya semangat yang kuat karena terpacu oleh salah satu idolannya, yaitu Staf Khusus Presiden RI Aminuddin Ma'ruf. Zikni melihat sosok Aminuddin sebagai tokoh karismatik yang bisa dijadikan panutan.

 

"Idola saya adalah Aminuddin Ma'ruf Staf Khusus Presiden bagian kepesantrenan, beliau mampu mengkolaborasikan antara nilai-nilai kepesantrenan dengan perkembangan zaman. Bahkan beliau menjadi salah satu pemangku kebijakan dalam memperjuangkan hak-hak pesantren", ujarnya. 

 

Rasa haru biru juga dapat dirasakan ketika berhasil dinobatkan sebagai Duta Santri 2023. Dia memberi semangat kepada santri untuk bisa percaya diri dan yakin pada dirinya sendiri. Zikni menegaskan bahwa santri bisa terjun dan bersaing pada segala sektor.

 

"Kunci untuk bisa meraih apapun adalah percaya diri, hal tersebut yang akan mengantarkan diri untuk tampil dengan perfoma terbaik. Selain itu, yakin pada kemampuan dan potensi diri, tidak perlu merasa minder karena menjadi santri karena santri saat ini mampu hadir di segala lini pekerjaan," tuturnya. 

 

Kontributor: Balgis Bachsmid


Nasional Terbaru