• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Nasional

KH Anwar Zahid: Peringatan Maulid Nabi Tidak Harus di Bulan Rabiul Awwal

KH Anwar Zahid: Peringatan Maulid Nabi Tidak Harus di Bulan Rabiul Awwal
KH Anwar Zahid di Denanyar Jombang pada Senin (23/10/2023). (Foto: @pondokdenanyar)
KH Anwar Zahid di Denanyar Jombang pada Senin (23/10/2023). (Foto: @pondokdenanyar)

NU Online Jombang,

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw, Pesantren Denanyar Jombang menggelar pengajian umum dengan mengundang Pengasuh Pesantren Sabilunnajah Bojonegoro, KH Anwar Zahid pada Senin (23/10/2023).

 

Dalam ceramahnya, ia memberi wejangan, peringatan maulid nabi tidak harus dilaksanakan di bulan Rabiul Awwal saja. Seharusnya peringatan maulid nabi itu dilaksanakan setiap hari. 

 

"Tujuannya apa? supaya penceramah-penceramah itu laris," katanya berkelakar. 

 

Ia lantas menegaskan, peringatan itu bertujuan agar diingatkan kembali dan terus diingatkan kepada sirah nabawiyah, diingatkan kepada cermin agung uswatun hasanah dalam untuk kehidupan.

 

"Hal itu untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kita menjadi manusia yang baik, benar, serta diridhai Allah swt," ujarnya. 

 

Kiai Anwar menyampaikan, ibarat Rasullulah sumber mata air yang sangat bersih, jernih, dan airnya bening. Wajib sebagai umatnya sesering mungkin berusaha mendekat ke sumber mata air untuk mencari air bersih, jernih, dan bening. 

 

Kalau tidak bisa sampai mata airnya, lanjut dia, minimal sampai kepada sungai-sungai besar yang airnya masih terjaga kebersihannya, kejernihannya, dan kebeningannya. Sungai-sungai besar itu adalah para ulama, para kiai. 

 

"Dari mana kita mengerti agama kalau bukan dari para kiai dan para bu nyai? Kanjeng Nabi diutus mengantarkan kita agar menjadi orang yang baik dan menjadi orang yang mulia,” tegasnya.

 

Kontributor: Feni Kusumaningrum


Nasional Terbaru