• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

Tingkatkan Bakat dan Potensi Siswa, LP Maarif Jombang Gelar MASMACH 2023

Tingkatkan Bakat dan Potensi Siswa, LP Maarif Jombang Gelar MASMACH 2023
Ilustrasi Gambar Lambang LP Ma'arif NU (NU Online)
Ilustrasi Gambar Lambang LP Ma'arif NU (NU Online)

NU Online Jombang,

Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang akan menggelar Madrasah dan Sekolah Ma'arif Challenge (MASMACH) 2023. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 Februari 2023 mendatang di Bumi Perkemahan Lapangan Desa Sumobito Jombang. 

 

MASMACH dilakukan untuk mewadahi kegiatan yang meliputi keaswajaan, kepramukaan serta menjalin silaturrahim MI/SD Maarif se - Kabupaten Jombang. 

 

"Kegiatan ini juga dilakukan sekaligus sebagai pengembangan potensi keaswajaan dan kepramukaan MI/SD Maarif se - Kabupaten Jombang. Karena itu, kami bekerja sama Kemenag (Kementerian Agama) Jombang, Sakoma Ma'arif Jombang, Kwarcab Jombang, Kwaran Sumobito dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), kata Mochamad Fauzan, Ketua Panitia MASMACH 2023.

 

Ia menambahkan, dalam memenuhi pengembangan potensi, bakat, minat, dan prestasi perlu adanya wadah yang sesuai dengan kepentingan dan perkembangan Pramuka. Ini sudah teruji berpuluh-puluh tahun mampu memantapkan karakter dan keterampilan anak bangsa.

 

"Pendidikan keaswajaan di Madrasah sudah begitu berkembang dengan pesatnya. Sehingga diperlukan wadah untuk berkreasi, berkarya, berlomba, berinteraksi, bersilaturrahim, dan berprestasi dalam ajang kompetisi yang sehat. Karena itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Jombang perlu mengadakan kegiatan Madrasah dan Sekolah Maarif Challenge (MASMACH)," tandasnya.

 

Lebih lanjut, selain kepramukaan, MASMACH 2023 terdapat beberapa perlombaan. Diantaranya olimpiade Aswaja, lalaran nadhoman, jula-juli santri, mars maarif NU, fun games dan banyak lainnya.

 

"Peserta perkemahan adalah peserta didik MI/SD di bawah binaan LP Maarif NU yang mewakili regu atas nama kecamatan atau Satkorcam Satuan Komunitas Pramuka Maarif (Sakoma). Untuk kegiatan non kepramukaan, diperbolehkan mengirim peserta yang tidak ikut berkemah tetapi harus dari MI/SD di wilayah MWC atau Satkorcam Sakoma," imbuhnya.


Daerah Terbaru