• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Semarakkan Muktamar, PCNU Jombang Instruksikan semua Elemen NU Pasang Bendera

Semarakkan Muktamar, PCNU Jombang Instruksikan semua Elemen NU Pasang Bendera
Kantor PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Kantor PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang menginstruksikan berbagai unsur atau elemen NU untuk memasang bendera NU di lingkungan rumah, lembaga atau kantor. Instruksi dalam rangka menyemarakkan Muktamar Ke-34 tersebut dituangkan dalam surat edaran resmi. Berlaku mulai tanggal 20 hingga 25 Desember 2021.


"Kepada pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), ranting, anak ranting beserta badan otonom (Banom) dan lembaga di semua tingkatan serta warga NU, agar memasang bendera NU," demikian bunyi poin satu dalam surat edaran.


Di samping itu, surat edaran dengan nomor 1518/PC/A.I/L-12/XII/2021 ini menginstruksikan segenap lembaga serta badan otonom NU di setiap tingkatan kepengurusan juga turut menyemarakkan forum musyawarah tertinggi NU tersebut melalui spanduk ucapan selamat.


"Kepada pengurus cabang Banom dan lembaga agar membuat spanduk ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Muktamar ke-34 NU di Lampung," jelasnya sebagaimana pada poin imbauan kedua.


Poin terakhir dalam surat yang dikeluarkan pada tanggal 17 Desember 2021 ini, PCNU mengajak keterlibatan para penghafal Al-Qur’an (hafidz) agar memeriahkan Muktamar Ke-34 dengan mengkhatamkan Al-Qur'an. Ajakan itu juga ditujukan kepada pengurus MWCNU dan takmir.


"Kepada huffadz, MWC dan takmir masjid/mushala mohon khataman Al-Qur'an bit tahfidz atau bin nahdor (berjama'ah) pada tanggal 22 Desember 2021, dengan wasilah : Auliya' nusantara, muassis NU, Mbah Mutamakkin Kajen," pungkasnya dalam surat instruksi yang ditandatangani rais, katib, ketua, dan sekretaris PCNU Jombang ini.


Untuk diketahui, Muktamar NU adalah forum musyawarah tertinggi di NU. Digelar setiap lima tahun sekali dengan berbagai macam agenda. Di antaranya membahas sejumlah topik yang berkembang di tengah masyarakat, bangsa, dan negara melalui sidang-sidang komisi.


Selain itu, forum ini juga menjadi media untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban (Lpj) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) atas amanah yang diembannya selama lima tahun. Tidak terkecuali memilih rais 'aam dan ketua umum PBNU untuk periode selanjutnya.


Muktamar NU diikuti oleh berbagai level kepengurusan, mulai dari PBNU, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), PCNU, hingga Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) yang ada di luar negeri. Mereka juga 


Kontributor: Siti Ratna Sari
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru