• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Puncak Acara 1 Muharram, Pemdes Gandeng NU Setempat Gelar Bazar

Puncak Acara 1 Muharram, Pemdes Gandeng NU Setempat Gelar Bazar
GP Ansor Koordinasikan Bazar, Wadahi Pelaku UMKM (Foto: NU Online/Ira)
GP Ansor Koordinasikan Bazar, Wadahi Pelaku UMKM (Foto: NU Online/Ira)

NU Online Jombang,

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sambongdukuh koordinasikan Bazar dalam rangka bersih desa sambongdukuh dan peringatan 1 Muharrom 1444 H. Bazar yang digelar bertujuan untuk memberi wadah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sambongdukuh dalam mengembangkan usahanya.

 

Arif Lukman Hakim, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sambongdukuh yang menjadi Koordinator Bazar menjelaskan, secara keseluruhan acara bersih desa ini yang menyelenggarakan adalah Pemerintah Desa. Namun, untuk kepanitiaannya diserahkan ke Pengurus Ranting (PR) Nadlatul Ulama beserta seluruh Banom-banomnya. 

 

“Kegiatan Bazar ini yang ditugaskan untuk menjadi koordinator adalah dari GP Ansor. Warga sangat antusias dalam berkontribusi untuk meramaikan Bazar. Sebanyak 28 pendaftar yang bergabung. Sebenarnya masih banyak yang mendaftar lagi tapi kami tutup supaya tidak terjadi pembludakan. Beberapa diantaranya, membuka stand sendiri atau bergabung dengan PKL,” jelasnya.

 

Pria yang akrab disapa Arif ini mengatakan, warga sekitar Sambongdukuh memiliki variasi produk yang cukup banyak. Mulai dari produk sambal pecel, mie, aneka sosis, bahan sembako, tanaman hias, aneka kerudung, Jasuke, aneka macam keripik, petis dan lain sebagainya. 

 

Bertempat di lapangan Desa Sambongdukuh, Jombang, bazar diramaikan para pelaku UMKM, Banom-banom NU, Ansor, IPNU dan IPPNU Desa Sambongdukuh serta PKL.

 

“Dalam Bazar ini kami juga mengadakan penarikan retribusi sebesar sepuluh ribu rupiah untuk stand, keamanan, kebersihan, dan kelistrikan. Karena Bazar ini kita adakan selama tiga hari berturut-turut, namun nanti saat acara hari terakhir kita gratiskan, tanpa retribusi,” ungkapnya.

 

Pihaknya berharap, Bazar ini dapat menjadi wadah para pengusaha UMKM Sambongdukuh agar dapat lebih berkembang lagi.

 

Sementara itu, Jagat, peserta Bazar ini mengharapkan, semoga Bazar dapat rutin digelar dan menampilkan produk-produk baru khas Sambongdukuh.


Daerah Terbaru